Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD Tema 5, Apa Arti Simbol U dan S yang Terdapat pada Magnet?

By Thea Arnaiz, Selasa, 12 Oktober 2021 | 11:30 WIB
Kunci jawaban materi kelas 6 SD tema 5, apa arti simbol U dan S yang terdapat pada magnet? (bo7000/pixabay)

Bobo.id - Saat ini pelajaran tematik kelas 6 SD tema 5 subtema 1 halaman 7.  Memasuki pembeljaran mengenal apa itu magnet.

Magnet adalah benda yang biasanya ada di barang-barang elektronik. Lebih khusunya magnet adalah suatu logam yang bisa menghasilkan medan yang menarik atau menolak benda lainnya.

Hal tersebut dinamakan gaya magnet yang menyebabkan tarik-menarik atau saling menolak.

Magnet pun mempunyai berbagai macam bentuk, yaitu magnet batang, magnet silinder, magnet jarum, magnet ladam, magnet lingkaran.

Teman-teman bisa membaca penemuan magnet dan penjelasan kutub-kutub magnet terlebih dahulu melalu teks berikut.

Lalu, teman-teman akan menjawab beberapa pertanyaan dan temukan juga kunci jawabannya.

Baca Juga: Penjelasan tentang Hak dan Kewajiban yang Harus Seimbang, Materi Kelas 3 SD Tema 4

Tahukah Kamu?

Lebih dari 2000 tahun yang lalu, orang Yunani yang hidup di Magnesia menemukan batu yang istimewa. Batu tersebut dapat menarik benda-benda yang mengandung logam.

Ketika batu itu digantung, batu tersebut berputar. Salah satu ujungnya selalu menunjuk ke arah utara. Karena batu itu ditemukan di Magnesia, orang Yunani menamainya Magnitis lithos.

Orang Yunani tidak mengetahui lebih lanjut bagaimana sifat-sifatnya, namun mereka telah mengamati ciri-ciri bahan yang disebut magnet.

Saat ini banyak teknologi yang menggunakan magnet. Pengeras suara, layar TV, dan kaset merupakan contoh-contohnya. Setelah mengamati dan mencoba berbagai macam magnet, jawab pertanyaan berikut.