7 Upacara Adat Bali yang Masih Lestari, dari Melasti hingga Otonan

By Thea Arnaiz, Jumat, 22 Oktober 2021 | 12:45 WIB
Upacara adat Bali yang masih dilakukan tiap tahun sampai sekarang. (Foto oleh Artem Beliaikin dari Pexels)

Bobo.id - Upacara adat Bali banyak sekali ragamnya, kalau sebelumnya teman-teman pernah mendengar upacara Nyepi dan ngaben kali ini kita akan mengenal upacara adat Bali lainnya.

Upacara adat yang rutin dilakukan oleh masyarakat Bali ini sering kali menjadi daya tarik wisatawan yang sedang berkunjung ke Bali.

Upacara adat yang masih dilakukan ini tentunya menjadi ritual keyakinan dan kebudayaan yang harus dijaga sebagai keberagaman di Indonesia.

Lalu, apa sajakah upacara adat yang masih rutin dilakukan oleh masyarakat Bali? Mari simak penjelasannya berikut ini, yuk!

Baca Juga: Upacara Adat Jawa Barat Ngalaksa, Mulai dari Sejarah hingga Urutan Prosesinya

Upacara Adat Masyarakat Bali

1. Melasti

Upacara melasti adalah upacara yang dilakukan oleh masyarakat Bali untuk menyucikan kemBali benda sakral milik Pura.

Masyarakat Bali akan membawa benda sakral tersebut menuju laut atau sumber air.

Karena menurut kepercayaan masyarakat Bali air adalah sumber kehidupan, mereka akan berpakaian putih serta melakukan persembahan.

Tujuan dari upacara adat melasti adalah untuk meningkatkan ibadah kepada Dewa dan selalu mengingat kelestarian lingkungan, upacara ini akan dilakukan tiga atau empat hari sebelum hari Nyepi tiba.

2. Hari Raya Saraswati

Upacara adat ini dilakukan oleh masyarakat Bali untuk merayakan ilmu pengetahuain.

Mereka akan melakukan doa-doa kepada Dewi Saraswati yang membawa ilmu pengetahuan pada semua orang di dunia. Dalam upacara adat ini selain doa-doa juga akan diadakan pentas seni semalaman.