Cegah Tulang Keropos dan Gigi Berlubang, Ini Sederet Khasiat Rumput Laut

By Thea Arnaiz, Kamis, 28 Oktober 2021 | 15:00 WIB
Rumput laut biasa dikonsumsi dan membawa banyak manfaat. (MaxPixel's contributors)

 

 

Bobo.id - Teman-teman pasti sudah tidak asing lagi dengan rumput laut, rumput laut bisa kita temui dalam bentuk kripik, sup, minuman, atau dijadikan campuran salad yang enak.

Rumput laut ini bisa tumbuh di bebatuan karang yang sudah mati. Bentuk dari rumput laut sendiri beragam, ada yang bulat, pipih, dan bercabang.

Jenis-jenis rumput laut juga bermacam-macam, ada empat jenis rumput laut yang bisa kita makan, antara lain ganggang cokelat, ganggang merah, ganggang biru, dan ganggan hijau.

Lalu, karena kita bisa mengonsumsi rumput laut, adakah kandungannya yang baik untuk tubuh? tentu saja ada!

Rumput laut mengandung berbagai macam nutrisi seperti serat, kalsium, protein, karbohidrat, air, vitamin K, vitamin A, vitamin C, dan asam amino.

Baca Juga: Negeriku Maritim: Bagaimana Cara Membudidayakan Rumput Laut?

Oleh karena itu juga, rumput laut bisa membawa sederet manfaat atau khasiat yang bisa kita peroleh dari mengonsumsinya. Kira-kira apa saja ya manfaat itu? Yuk, kita cari tahu bersama berikut ini.

1. Menyehatkan Pencernaan

Salah satu kandungan yang baik di dalam rumput laut adalah serat. tubuh kita membutuhkan asupan serat yang cukup agar bisa melancarkan sistem pencernaan.

Ketika kita sering mengonsumsi rumput laut kaya serat, sistem pencernaan kita pun lebih sehat dan menghindarkan kita dari keluhan sembelit.

Namun, teman-teman juga tidak perlu mengonsumsinya terlalu banyak, karena justu akan menimbulkan keluhan diare.