Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD/MI Tema Wirausaha, Apa Tujuan Diadakannya Kegiatan Mengolah Koran Bekas Menjadi Bahan Kerajinan?

By Thea Arnaiz, Senin, 8 November 2021 | 07:30 WIB
Kunci jawaban materi kelas 6 SD/MI tema wirausaha, apa tujuan diadakannya kegiatan mengolah koran bekas menjadi bahan kerajinan. (Foto oleh Artem Beliaikin dari Pexels)

Bobo.id - Pelajaran tematik kelas 6 SD/MI tema wirausaha, subtema 2, pembelajaran 6, tepatnya halaman 64.

Teman-teman akan mempelajari materi tentang menjelaskan sikap tanggung jawab dalam wirausaha.

Tahukah teman-teman apa maksudnya? Maksudnya adalah berwirausaha memang penting dan mendatangkan banyak keuntungan.

Namun, dalam berwirausaha, kita juga harus bisa bersikap tanggung jawab terhadap limbah hasil pengolahan produk kita.

Oleh karena itulah kita tetap mengedepankan rasa tanggung jawab terhadap lingkungan.

Untuk lebih mudah memahami materi kita bisa langsung saja mengerjakan soal-soal berikut ini dan temukan kunci jawabannya. Sebelum itu, kita perlu membaca teks berikut ini.

Baca Juga: Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD Tema 6, Apa yang Dimaksud dengan Masa Puber?

Kreativitas Kampung Koran

Sering kali koran bekas hanya menjadi sampah yang kurang berguna. Padahal koran-koran bekas dapat dimanfaatkan sebagai kerajinan bernilai jual tinggi. Potensi tersebut kemudian dimanfaatkan oleh para perajin Kampung Koran. Mereka mengadakan pelatihan di banyak tempat, salah satunya di Kampus Institut Pertania Bogor (IPB). Para perajin mengajak masyarakat sekitar untuk membuat kerajinan menggunakan bahan baku koran bekas. Kerajinan tersebut, antara lain keranjang, alas gelas, dan tempat pensil. Selain membuat kerajinan, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengembangkan rasa tanggung jawab warga terhadap kelestarian lingkungan sekitar.

Rasa tanggung jawab tersebut diwujudkan melalui gerakan bank sampah dan kegiatan daur ulang koran bekas menjadi berbagai barang kerajinan yang layak untuk dijual. Melalui kegiatan ini, warga juga diajak untuk merawat lingkungan sekitar sehingga menjadi lebih bersih, sehat, dan harmonis.