Jangan Disepelekan, Ini Pengaturan Suhu dan Cara Menyimpan Makanan di Kulkas yang Tepat

By Thea Arnaiz, Senin, 8 November 2021 | 18:50 WIB
Kulkas perlu diatur dengan suhu tepat. (Foto oleh Max Vakhtbovych dari Pexels)

Bobo.id - Kulkas di rumah adalah salah satu barang elektronik yang penting. Hal ini karena, kulkas kita butuhkan untuk menyimpan makanan agar lebih awet dan segar lebih lama.

Kita tidak perlu khawatir lagi tentang makanan jadi busuk atau rusak karena tidak tahan disimpan dalam waktu lama.

Namun, kalau ingin makanan atau minuman kita tidak mudah rusak, kita juga perlu memerhatikan pengaturan suhu kulkas yang tepat.

Suhu di kulkas memengaruhi keadaan makanan atau minuman di dalamnya. Menurut badan pengawas obat dan makanan Amerika Serikat, suhu kulkas yang disarankan adalah sekitar di bawah empat derajat celcius.

Sedangkan untuk suhu freezer yang disarankan untuk menyimpan makanan beku agar lebih awet adalah sekitar di bawah -18 derajat celcius.

Tapi, sebenarnya kita juga bisa mengatur suhu kulkas di bawah dari yang di sarankan, karena itu lebih baik dan tidak berdampak buruk.

Baca Juga: Belum Banyak yang Tahu, Ternyata Ini Rahasia Pisang Bisa Awet dan Tak Cepat Busuk, Salah Satunya Jangan Simpan di Kulkas

Teman-teman bisa mengatur suhunya sekitar 1,7 sampai 3,3 derajat celcius. Sebab, pada suhu tersebut membuat makanan bisa lebih beku tapi tidak terlalu dingin.

Alasannya lain, juga disebabkan karena ada beberapa makanan yang jika disimpan dalam suhu 1,7 sampai 3, 3 derajat celcius tetap tidak akan bertahan lebih lama.

Bahkan tetap membuat makanan atau minuman rusak. Sehingga, mengakibatkan kita sakit perut akibat bakteri Salmonella dan E. coli pada makanan atau minuman yang disimpan.

Lalu, bagaimana kita mengukur suhu yang tepat? Sebagian dari kita pasti mengatur suhu kulkas asal-asalan dan tidak terlalu memerhatikan suhu yang ada di kulkas.

Biasanya juga, beberapa kulkas mempunyai skala pendinginan mulai dari 1 sampai 5. Angka 5 adalah angka yang paling hangat yang bisa diatur.