Di Indonesia Diperingati Tiap 12 November, Cari Tahu Tanggal Perayaan Hari Ayah Di berbagai Negara Lainnya, yuk!

By Thea Arnaiz, Selasa, 9 November 2021 | 19:00 WIB
Di Indonesia dirayakan pada 12 November, bagaimana dengan negara lainnya? (Foto oleh Ketut Subiyanto dari Pexels)

Bobo.id - Pada 12 November nanti, adalah hari spesial bagi kita sebagai anak dan ayah. Karena pada hari tersebut, kita akan merayakan Hari Ayah Nasional yang dirayakan setiap tahunnya.

Hari Ayah ini ditujukan untuk menghormati ayah kita karena sudah berkontribusi dalam masyarakat.

Namun, ternyata peringatan Hari Ayah ini juga dirayakan oleh negara-negara lainnya, lo. Jadi tidak hanya di Indonesia saja, Hari Ayah juga diperingati juga di berbagai negara di belahan dunia.

Meskipun, dengan hari peringatan yang dirayakan pada tanggal yang berbeda, makna memperingati Hari Ayah masih tetap sama.

Lalu, bagaimana peringatan Hari Ayah di berbagai negara lainnya dan kapan berbagai macam negara lainnya memperingati Hari Ayah?

Yuk, cari tahu informasinya berikut ini untuk tahu peringatan Hari Ayah di negara lain!

Baca Juga: Selain Hari Ibu, Ada Juga Perayaan Hari Ayah Nasional, Bagaimana Sejarahnya?

1. Amerika serikat

Amerika Serikat pertama kali merayakan Hari Ayah pada 5 Juli 1908. Kenapa Amerika Serikat merayakan pertama kali Hari Ayah pada 5 Juli?

Hal ini karena berkaitan dengan tragedi kecelakaan pertambangan di kota Monongah yang memakan korban jiwa.

Lalu, ada ada seorang yang bernama Grace Golden Crayton, yang mengusulkan sebuah peringatan khusus bagi ayah yang meninggal dalam kecelakaan tersebut.

Dua tahun berikutnya, seorang bernama Sonora Dodd mendesak agar pada 5 Juni sesuai kelahiran ayahnya sebagai hari peringatan Hari Ayah.

Hal ini karena ayahnya adalah veteran Perang Saudara Amerika Serikat bernama William Jackson Smart, yang mengasuh enam anaknya dengan penuh kasih sayang dan dedikasi.