Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD Tema 6, Menentukan Gagasan Utama dalam Teks Bacaan ‘Macam-Macam Reklame’

By Thea Arnaiz, Kamis, 18 November 2021 | 10:00 WIB
Kunci jawaban materi kelas 6 SD tema 6, menentukan gagasan utama dalam teks bacaan ‘Macam-Macam Reklame’. (Foto oleh Alexandr Podvalny dari Pexels)

Bobo.id - Pada pelajaran tematik kelas 6 SD tema 6, subtema 3, tepatnya halaman 96, teman-teman akan menemukan gagasan utama dalam teks bacaan berjudul ‘Macam-Macam Reklame’.

Sebelumnya, kita cari tahu dulu apa itu gagasan utama dalam bacaan. Gagasan utama adalah dasar untuk mengembangkan setiap paragraf di teks bacaan.

Baca Juga: Menemukan Kalimat Penyelesaian Masalah pada Teks 'Apakah Kamu Memiliki Hewan Peliharaan?', Materi Kelas 3 SD Tema 4

Gagasan utama terletak di dalam kalimat utama. Kalimat utama sendiri berisi seluruh hal yang akan menjadi pembahasan.

Untuk menemukannya, perhatikanlah kalimat yang dapat berdiri sendiri dan mengandung topik permasalahan yang ingin dibahas.

Oleh karena itu, kita harus membaca teks bacaan dan mencermati tiap kalimat.

Untuk memahminya, teman-teman bisa membaca teks bacaan berikut ini dan temukan kunci jawabannya.

Macam-Macam Reklame

Reklame adalah suatu karya seni rupa yang bertujuan untuk menginformasikan, mengajak, menganjurkan atau menawarkan produk (sesuatu berupa barang atau jasa) kepada konsumen. Reklame dibuat menarik, sehingga orang yang melihat ingin mengetahui informasi yang disampaikan, tertarik dengan ajakan yang disampaikan, dan ingin memiliki, menggunakan, atau membeli barang yang ditawarkan