Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD Tema 6, Menentukan Gagasan Utama dalam Teks Bacaan ‘Macam-Macam Reklame’

By Thea Arnaiz, Kamis, 18 November 2021 | 10:00 WIB
Kunci jawaban materi kelas 6 SD tema 6, menentukan gagasan utama dalam teks bacaan ‘Macam-Macam Reklame’. (Foto oleh Alexandr Podvalny dari Pexels)

Bobo.id - Pada pelajaran tematik kelas 6 SD tema 6, subtema 3, tepatnya halaman 96, teman-teman akan menemukan gagasan utama dalam teks bacaan berjudul ‘Macam-Macam Reklame’.

Sebelumnya, kita cari tahu dulu apa itu gagasan utama dalam bacaan. Gagasan utama adalah dasar untuk mengembangkan setiap paragraf di teks bacaan.

Baca Juga: Menemukan Kalimat Penyelesaian Masalah pada Teks 'Apakah Kamu Memiliki Hewan Peliharaan?', Materi Kelas 3 SD Tema 4

Gagasan utama terletak di dalam kalimat utama. Kalimat utama sendiri berisi seluruh hal yang akan menjadi pembahasan.

Untuk menemukannya, perhatikanlah kalimat yang dapat berdiri sendiri dan mengandung topik permasalahan yang ingin dibahas.

Oleh karena itu, kita harus membaca teks bacaan dan mencermati tiap kalimat.

Untuk memahminya, teman-teman bisa membaca teks bacaan berikut ini dan temukan kunci jawabannya.

Macam-Macam Reklame

Reklame adalah suatu karya seni rupa yang bertujuan untuk menginformasikan, mengajak, menganjurkan atau menawarkan produk (sesuatu berupa barang atau jasa) kepada konsumen. Reklame dibuat menarik, sehingga orang yang melihat ingin mengetahui informasi yang disampaikan, tertarik dengan ajakan yang disampaikan, dan ingin memiliki, menggunakan, atau membeli barang yang ditawarkan

Ada bermacam-macam reklame. Ditinjau dari tujuannya terdiri dari reklame komersil dan reklame nonkomersil. Ditinjau dari sifatnya, terdiri dari reklame peringatan, reklame permintaan atau ajakan, dan reklame penerangan. Ditinjau dari jenis (media), terdiri dari reklame audio, reklame visual, dan reklame audio visual.

Baca Juga: Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD Tema 6, Informasi yang Diperoleh dari Teks Bacaan ‘Tari Klana Topeng’

Reklame media visual dibagi dua jenis berdasarkan pemasangannya, yaitu reklame dalam ruang dan reklame luar ruang. Reklame dalam ruang biasanya ditempatkan di dalam gedung yang strategis dan dapat dilihat orang secara jelas. Reklame di luar ruang biasanya ditempatkan di luar gedung yang sering dilalui orang, misalnya pada sisi persimpangan jalan raya yang padat. Unsur reklame media visual yaitu berupa gambar dan tulisan. Contoh reklame media visual yaitu baliho, billboard, spanduk, poster, brosur, dan katalog. Perhatikan gambar beberapa contoh reklame media visual berikut.

Macam-macam reklame. (Buku Siswa Kelas 6 SD Tema 6, Menuju Masyarakat Sehat Edisi Revisi 2018)

 

Apakah menurutmu judul dan isi bacaan sesuai? Coba ceritakan kepada teman-temanmu secara lisan. Kemudian, tuliskan gagasan utama setiap paragraf pada kolom berikut.

Gagasan utama dalam teks bacaan ‘Macam-Macam Reklame’. (Bobo.id)

Baca Juga: Cara Memilih Bahan Makanan Sehat dan Bergizi, Materi Kelas 3 SD Tema 4

Nah, itulah jawabannya. Jawaban ini bisa menjadi pemandu bagi orang tua dalam mendampingi anak selama belajar di rumah.

(Sumber: Buku Siswa Kelas 6 SD Tema 6, Menuju Masyarakat Sehat Edisi Revisi 2018)

Tonton video ini, yuk!

 

----

Ayo, kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan komputer dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar komputer ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.