Malaria hingga Cacar, 5 Penyakit Ini Ternyata Adalah Penyakit Tertua dan Berbahaya

By Tyas Wening, Minggu, 21 November 2021 | 14:30 WIB
Cacar air merupakan salah satu penyakit tertua yang diketahui. (kwanchaichaiudom/iStockphoto)

Bobo.id - Ada berbagai penyakit yang bisa dialami oleh manusia, baik itu sakit yang diakibatkan oleh infeksi virus, bakteri, pola hidup yang tidak sehat, maupun karena penyakit bawaan.

Sayangnya, belum semua penyakit sudah ditemukan obatnya, meskipun ada penyakit yang sudah berasal dari puluhan atau ratusan tahun lalu.

Inilah sebabnya, penyakit yang baru diketahui pada awalnya menyebabkan endemi, bahkan pandemi dan dianggap sebagai penyaktit berbahaya.

Namun seiring berkembangnya ilmu pengetahuan, saat ini penyakit-penyakit yang tadinya belum ada obatnya dan baru pertama kali diketahui, saat ini sudah bisa dikendalikan.

Baca Juga: 5 Penyakit yang Paling Menular

Misalnya dengan menemukan vaksin agar penyakit itu tidak menjadi lebih berat saat dialami oleh seseorang.

Tahukah kamu? Ternyata penyakit yang bisa kita alami saat ini termasuk sebagai penyakit tertua dan dulunya pernah menjadi penyakit yang sangat berbahaya.

Yuk, ketahui lima penyakit tertua yang masih ada sampai saat ini!

1. Tuberkulosis

Penyakit tertua pertama yang diketahui adalah tuberkulosis atau TBC, yang merupakan penyakit menular dan menyerang sistem pernapasan.

Tuberkulosis disebut sebagai penyakit yang mudah menular, karena penularannya bisa melalui percikan ludah, batuk, maupun lewat udara.