Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD Tema 6, Apa Pentingnya Melaksanakan Hak untuk Diri Sendiri?

By Thea Arnaiz, Rabu, 24 November 2021 | 07:00 WIB
Kunci jawaban materi kelas 6 SD tema 6, apa pentingnya meleksanakan hak untuk diri sendiri. (Foto oleh RODNAE Productions dari Pexels)

 

Bobo.id - Pada pelajaran tematik kelas 6 SD tema 6, subtema 2, tepatnya halaman 78, teman-teman akan mempelajari tentang hak. Apa itu hak? Hak adalah segala sesuatu yang harus kita dapatkan setelah melaksanakan kewajiban.

Setiap manusia tentu mempunyai hak yang harus ia terima. Lalu, apa saja contoh hak yang harus kita terima?

Contohnya seperti hak untuk memperoleh pendidikan, hak untuk kehidupan yang layak, hak yang sama dimata hukum, dan lain-lain.

Hak-hak warga negara Indonesia sudah dijamin dan ditulis dalam Undang-Undang Dasar Negara Indonesia 1945.

Baca Juga: Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD/MI Tema Wirausaha, Bagaimana Cara Menyebarkan Buklet dan Apa Perbedaanya dengan Poster?

Jadi, segala peraturan bagi seluruh warga negara Indonesia sudah diatur dalam undang-undang tersebut dan dijadikan pedoman bagi dasar hukum-hukum lain.

Untuk memahaminya, teman-teman bisa membaca teks bacaan nonfiksi berikut. Setelah itu, kerjakanlah soal pertanyaan dan temukan kunci jawabannya.

Mengapa Harus Melaksanakan Hak?

Pemenuhan hak warga negara Indonesia berkaitan erat dengan upaya pemerintah Indonesia dalam mencapai tujuan nasional Indonesia. Kamu tentu sudah memahami tujuan nasional Indonesia sebagaimana tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Repubublik Indonesia Tahun 1945 alinea keempat.