Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD Tema 7, Sikap-Sikap yang Diteladani dari Raden Ajeng Kartini

By Thea Arnaiz, Kamis, 25 November 2021 | 13:30 WIB
Kunci jawaban materi kelas 6 SD tema 7, sikap-sikap yang diteladani dari Raden Ajeng Kartini. (Foto oleh RODNAE Productions dari Pexels)

 

Bobo.id - Pada pelajaran tematik kelas 6 SD tema 7, subtema 1, tepatnya halaman 19, teman-teman akan membaca teks yang berjudul “Raden Ajeng Kartini”.

Teman-teman pasti sudah tahu siapa itu Raden Ajeng Kartini, bukan? Setiap tanggal kelahiranya, pada 21 April, kita selalu merayakannya untuk menghargai jasa-jasanya sebagai pahlawan nasional.

Setelah membaca teks tersebut, teman-teman bisa mengerjakan soal-soal pertanyaan dan menemukan kunci jawabannya. Langsung saja kita baca teks berikut ini, bacalah dengan saksama.

Baca Juga: Contoh Soal dan Pembahasan Materi tentang Kata Kunci dalam Paragraf

Raden Ajeng Kartini

Raden Ajeng Kartini lahir di Jepara, 21 April 1879. Beliau berasal dari keluarga bangsawan Jawa. Kartini putri dari pasangan Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat dan M. A. Ngasirah. Beliau merupakan anak ke-5 dari 11 bersaudara.

Kartini kecil berbeda dengan anak-anak perempuan di kampungnya. Ia mendapatkan kesempatan mengenyam pendidikan di sekolah bagus. Kartini menempuh pendidikan di ELS (Europese Lagere School) hingga usianya 12 tahun. Setelah itu, ia dipingit di rumah sesuai tradisi Jawa pada masa itu.

Selama sekolah di ELS, Kartini belajar Bahasa Belanda. Karena bisa berbahasa Belanda, Kartini berkirim surat kepada teman-teman di Belanda. Beberapa temannya, yaitu Rosa Abendanon dan Estelle “Stella” Zeehandelaar.