Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD/MI Tema Menuju Masyarakat Sejahtera, Kata Kunci Teks Bacaan 'Kepedulian Warga Kampung Nusantara terhadap Lingkungan'

By Thea Arnaiz, Minggu, 28 November 2021 | 07:30 WIB
Kunci jawaban materi kelas 6 SD/MI tema menuju masyarakat sejahtera. Kata kunci teks Kepedulian warga kampung nusantara terhadap lingkungan (pxhere)

Bobo.id - Pelajaran tematik kelas 6 SD/MI tema menuju masyarakat sejahtera, pembelajaran 1, tepatnya halaman 5.

Teman-teman akan mempelajari materi tentang sikap peduli lingkungan. Saat ini apakah teman-teman sudah peduli pada lingkungan?

Lingkungan yang menjadi tempat tinggal harus dijaga kebersihannya agar indah dan kita tetap sehat karena lingkungan rumah bersih.

Untuk mempelajari materi tersebut, teman-teman bisa membaca teks berikut dan jawablah pertanyaannya, serta temukanlah kunci jawabannya. Bacalah dengan saksama!

Baca Juga: Contoh Soal dan Pembahasan Materi Bahasa Inggris Verb 1, 2, 3

Kepedulian Warga Kampung Nusantara terhadap Lingkungan

Kampung nusantara merupakan kampung yang asri dan sehat. Suasana kampung yang bersih dan nyaman membuat orang yang berkunjung ke sana betah berlama-lama di kampung ini.

Di sepanjang jalan kampung terlihat hijau dan sejuk oleh tanaman yang tumbuh subur di dalam pot gerabah, wadah plastik bekas, drum dan kaleng bekas yang disusun rapi. Di kampung itu, setiap rumah wajib memanfaatkan sedikit lahan kosong untuk menanam minimal tiga jenis toga dan sayuran. Selain membuat warga sehat, tanaman itu dapat membuat sejuk mata yang memandang. Tidak ada sampah yang menumpuk di sana. Warga mengolah sampahnya secara mandiri. Sampah organik diolah menjadi pupuk kompos, sedangkan sampah nonorganik mereka olah menjadi berbagai macam kerajinan.

Setiap minggu, secara bergiliran, warga yang ditunjuk akan melakukan pemantauan dengan berkeliling mengunjungi rumah warga untuk mengecek. Pengecekan ini dilakukan untuk mengetahui apakah di dalam bak mandi atau penampungan air yang ada pada setiap keluarga sudah terbebas dari nyamuk atau belum. Hal ini untuk mencegah terjadinya penyebaran penyakit terutama demam berdarah.