Cari Jawaban Soal Kelas 5 SD Tema 4, Apa Saja Gangguan Organ Peredaran Darah Manusia dan Penyebabnya?

By Tyas Wening, Senin, 29 November 2021 | 13:30 WIB
Cari jawaban soal kelas 5 SD tentang gangguan pada organ peredaran darah dan penyebabnya. (Pixabay)

Bobo.id - Materi pelajaran tematik kelas 5 SD tema 4 adalah tentang Sehat Itu Penting, salah satunya adalah mengenai gangguan yang terjadi pada organ peredaran darah manusia.

Maka dari itu, pada subtema 2 yang membahas tentang Gangguan Kesehatan pada Organ Peredaran Darah, ada soal mengenai gangguan itu.

Soal yang ditanyakan pada subtema ini adalah 'tuliskan nama gangguan dan penyebab-penyebab yang terjadi pada organ peredaran darah manusia.'

Apa saja organ peredaran darah pada tubuh manusia, ya?

Cari tahu jawaban dari pertanyaan di atas, yuk!

Baca Juga: Perbedaan Peredaran Darah Terbuka dan Peredaran Darah Tertutup pada Hewan serta Contohnya

Macam-Macam Organ Peredaran Darah Manusia

Sebelum menjawab soal pertanyaan di atas, kita harus mengetahui dulu apa saja organ peredaran darah yang ada di tubuh manusia.

Ada tiga organ peredaran darah manusia dengan peran yang berbeda-beda, yaitu:

1. Darah

Darah mengalir dalam tubuh manusia dan memiliki peran yang penting bagi seluruh organ tubuh, baik itu organ dalam maupun organ luar.

Darah yang mengalir di dalam tubuh akan mengantarkan oksigen ke bagian-bagian tubuh tadi, juga sebagai pengangkut sari-sari makanan.

Selain itu, darah juga berperan untuk menghindarkan tubuh dari terjadinya infeksi, karena darah akan membentuk antibodi, berupa sel darah putih dan sel darah pembeku.