Bobo.id - Pada pelajaran tematik kelas 6 SD tema 7, subtema 2, tepatnya halaman 105, teman-teman akan mempelajari kisah kepemimpinan dari sebuah cerita.
Kali ini kita akan membaca teks yang berjudul “Semut dan Belalang”.
Setelah membacanya, teman-teman akan melanjutkan mengerjakan beberapa pertanyaan dan temukan kunci jawabannya.
Baca Juga: Contoh Soal dan Pembahasan Materi Gerak Dasar Lokomotor, Non-Lokomotor, dan Manipulatif
Semut dan Belalang
Di bawah terik matahari, barisan semut berjalan rapi menuju sarang. Sudah puluhan kali barisan ini berjalan bolak-balik di bawah komando sang pemimpin. Setiap semut membawa bulir makanan di atas badannya. Tidak lebih dari satu bulir dapat dibawa semut, hingga tak cukup sekali atau dua kali mereka bolak-balik menuju sarang.
Sementara di antara hijau rumput di pinggir kolam, seekor belalang duduk santai menikmati semilir angin. Terheran-heran ia menyaksikan barisan semut bolak-balik melintas di hadapannya.
“Hai Semut-Semut! Apa sih yang kalian lakukan? Sibuk sekali sejak pagi? Tidakkah mondar-mandir di tengah terik matahari membuat kalian lelah dan berkeringat?” seru Belalang kepada barisan semut.
“Kami bekerja keras mengumpulkan persediaan makanan untuk musim dingin nanti. Barisan kami memang panjang, tetapi daya angkut kami tidak banyak. Oleh karena itu, kami harus mondar-mandir” ujar Komandan Semut menjawab Belalang.
“Haaah? Mengumpulkan makanan untuk musim dingin? Repot sekali! Musim dinginkan masih lama? Sekarang nikmati saja teriknya matahari dan makanan yang berlimpah. Untuk apa sibuk dari sekarang?” ujar Belalang sambil terkekeh menertawakan Semut-Semut.
“Hai Belalang! Harusnya kamu melakukan hal yang sama. Serangga seperti kita harus bersiap-siap menghadapi musim dingin. Nanti, semua tanaman dan sumber makanan lain akan beku tertutup salju. Hembusan angin dingin juga akan membuat kita yang bertubuh kecil sulit keluar sarang untuk mencari makan” balas Komandan Semut.
“Benar Belalang! Harusnya kamu mengumpulkan teman-temanmu untuk bekerja sama mengisi sarang dengan persediaan makanan. Justru karena musim panas masih panjang, kita masih punya banyak waktu untuk mencicil pekerjaan,” Semut kecil menambahkan dari barisan belakang.
“Ah, semua temanku juga sedang bersantai. Terserah kalian sajalah kalau ingin merepotkan diri!” tukasnya.
Begitulah adanya. Sepanjang musim panas barisan Semut sibuk bekerja, sementara Belalang santai bermalas-malasan. Hingga tiba saatnya musim dingin. Semut-semut nyaman bercengkerama di sarangnya yang berlimpah makanan. Bagaimana dengan Belalang? Ia meringkuk kedinginan dan kelaparan di balik dinginnya batu.
Baca Juga: 3 Contoh Pantun Jenaka Beserta Maknanya, Materi Kelas 5 Tema 4 SD/MI
Jika demikian, mana yang patut dijadikan teladan? Semut atau Belalang?
-ditulis ulang berdasarkan fabel “The Ant and the Grasshopper”.
Jawablah pertanyaan berikut!
1. Apa yang dilakukan sekelompok Semut? Mengapa mereka harus Melakukannya?
Jawaban: Bolak-balik membawa bulir makanan. Mereka bekerja keras mengumpulkan persediaan makanan untuk musim dingin nanti.
2. Bagaimana menurutmu sikap Belalang?
Jawaban: Terlalu bersantai dan tidak menyiapkan cadangan makanan untuk musim dingin.
Baca Juga: Cari Jawaban Soal Materi Kelas 3 SD Tema 4, Bagaimana Cara Merawat Pakaian?
3. Bagaimana cara Semut bekerja?
Jawaban: Bekerja keras untuk rencana masa depan.
4. Nilai-nilai baik apa yang bisa kamu teladani dari cerita di atas?
Jawaban: Nilai baik yang dapat diteladani adalah kita harus bekerja keras mulai sekarang aagr bisa hidup aman dan nyaman di masa depan.
Pembahasan dan jawaban ini bisa menjadi pemandu bagi orang tua dalam mendampingi anak selama belajar di rumah.
(Sumber: Buku Siswa Kelas 6 SD Tema 7, Kepemimpinan Edisi Revisi 2018)
Tonton video ini, yuk!
----
Ayo, kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.