Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD Tema 8, Informasi Penting Teks ‘Keadaan Alam Indonesia'

By Thea Arnaiz, Jumat, 17 Desember 2021 | 09:30 WIB
Kunci Jawaban materi kelas 6 SD tema 8, keadaan alam Indonesia. (Foto oleh Tom Fisk dari Pexels)

Bobo.id - Pada pelajaran tematik kelas 6 SD tema 8, subtema 1, tepatnya halaman 50, teman-teman akan mempelajari keadaan alam Indonesia.

Negara Indonesia yang mempunyai ribuan pulau baik besar dan kecil serta mempunyai wilayah laut yang luas.

Selain itu, letaknya yang berada di garis khatulistiwa membuat Indonesia sebagai negara tropis yang hangat dan curah hujan tinggi.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang keadaan alam Indonesia, teman-teman bisa membaca teks berikut ini.

Yuk, langsung saja membaca teks nonfiksi berikut ini dengan saksama dan temukan kunci jawabannya.

Baca Juga: Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD Tema 8, Peta Pikiran dari Informasi Negara Thailand

Keadaan Alam Indonesia 

Indonesia memiliki lebih dari ribuan pulau. Pulau terpadat penduduknya adalah Pulau Jawa. Lebih dari setengah (65%) penduduk Indonesia hidup di Pulau Jawa. Indonesia memiliki 5 pulau besar, yaitu Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Indonesia memiliki lebih dari 400 gunung api. Sekitar 130 di antaranya termasuk gunung api aktif. Sebagian dari gunung api terletak di dasar laut dan tidak terlihat di permukaan laut. Indonesia merupakan tempat pertemuan dua rangkaian gunung api aktif. Selain itu, terdapat puluhan patahan aktif di wilayah Indonesia. 

Indonesia mempunyai iklim tropik basah yang dipengaruhi oleh angin muson barat dan muson timur. Dari bulan November hingga Mei, angin bertiup dari arah barat laut. Angin ini membawa banyak uap air sehingga pada bulan-bulan tersebut Indonesia mengalami musim hujan. Bulan Juni hingga Oktober, angin bertiup dari tenggara. Angin ini bersifat kering sehingga pada bulan-bulan tersebut, Indonesia mengalami musim kemarau.