Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD Tema 8, Apa Saja Kewajiban yang tidak Ditunaikan oleh Masyarakat dan Menyebabkan Banjir?

By Thea Arnaiz, Jumat, 17 Desember 2021 | 11:30 WIB
Kunci jawaban materi kelas 6 SD tema 8, penyebab banjir di Indonesia. (Foto oleh Pok Rie dari Pexels)

Bobo.id - Pada pelajaran tematik kelas 6 SD tema 8, subtema 1, tepatnya halaman 52, teman-teman akan mengetahui penyebab banjir melalu sebuah teks informasi.

Dari materi pelajaran sebelumnya, kita mengetahui kalau wilayah alam Indonesia ini mempunyai curah hujan tinggi.

Namun, penyebab banjir tidak hanya dipengaruhi dari curah hujan, ada faktor lainnya yang menyebabkan banjir di Indonesia semakin parah.

Apa saja itu? Untuk mengetahui lebih lanjut tentang masalah banjir di Indonesia, teman-teman bisa membaca teks berikut ini.

Yuk, langsung saja membaca teks nonfiksi berikut ini dengan saksama dan temukan kunci jawabannya.

Baca Juga: Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD/MI Tema Menuju Masyarakat Sejahtera, Informasi Penting Teks ‘Ragam Tarian Indonesia'

Sumbatan, Air, dan Banjir 

Di Jakarta, banjir sudah menjadi peristiwa biasa. Pertama kali banjir di Jakarta terdokumentasikan pada tahun 1699. Banjir sudah terjadi di Jakarta sejak zaman kolonial. 

Ada hal penting terkait banjir yang harus kita ketahui, yakni sumbatan saluran air. Sumbatan terjadi ketika Jakarta mengalami banjir. Di kota ini, banjir tidak hanya berisi air, namun terdapat banyak sampah juga! Banyak orang yang menganggap air merupakan suatu elemen penyebab polusi. Sebenarnya, sampahnya yang menyebabkan air terkena polusi.