Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD Tema 8, Gagasan Utama dari Teks ‘Ada Dua, Ada Empat’

By Thea Arnaiz, Senin, 20 Desember 2021 | 12:00 WIB
Kunci jawaban materi kelas 6 SD tema 8, gagasan utama dalam teks ‘Ada Dua, Ada Empat’. (Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels)

 

Bobo.id - Pada pelajaran tematik kelas 6 SD tema 8, subtema 2, tepatnya halaman 60, teman-teman akan menemukan gagasan utama dari sebuah teks bacaan.

Teman-teman perlu membaca teks bacaan tersebut dengan saksama.

Hal ini karena, gagasan utama bisa ditemukan jika kita membaca teks dengan cermat.

Gagasan utama sendiri bisa kita temukan dalam setiap paragraf.

Ciri-cirinya, ada kalimat yang mendominasi, dapat berdiri sendiri, letaknya bisa di awal, di tengah, serta di akhir.

Untuk tahu lebih lanjut tentang isi informasi bacaan dan gagasan utama, yuk, langsung saja membaca teks nonfiksi berikut ini dengan saksama. 

Baca Juga: Contoh Soal dan Pembahasan Materi Perbedaan Metamorfosis pada Hewan

Ada Dua, Ada Empat 

Mungkin kamu pernah bertanya-tanya di dalam hati, mengapa di Indonesia hanya ada musim hujan dan musim kemarau? Tidak seperti negara-negara subtropis yang memiliki empat musim. Keempat musim di negara-negara subtropis tersebut adalah musim dingin, semi, gugur, dan musim panas. Pada musim dingin, tanah diselimuti salju seputih kapas. Pada musim semi, bunga-bunga bermekaran dengan indahnya. Saat musim gugur, daun-daun berwarna cokelat keemasan kemudian berguguran dari batangnya. Ada pula musim panas, saat jangka waktu siang hari berlangsung sangat lama dari malam hari, bahkan dapat berlangsung hanya selama 4-5 jam saja. Perbedaan musim di negara tropis terjadi karena ketika mengorbit, poros Bumi dalam keadaan miring. Pada bulan Desember, saat poros di belahan Bumi utara mengalami kemiringan terjauh dari Matahari sehingga sedikit mendapatkan sinar matahari. Akibatnya, terjadilah apa yang kita kenal sebagai musim dingin. Di sisi belahan Bumi selatan, pada waktu bersamaan, terjadi musim panas.