Contoh Soal dan Pembahasan tentang Variasi dan Kombinasi Gerak Dasar dalam Seni Bela Diri Pencak Silat, Materi PJOK Kelas 6 SD

By Thea Arnaiz, Minggu, 30 Januari 2022 | 08:00 WIB
Contoh soal dan pembahasan tentang variasi dan kombinasi gerak dasar dalam seni bela diri pencak silat, PJOK kelas 6 SD. (Amalia Zainningsih/commons.wikimedia.org)

Bobo.id - Pada pelajaran PJOK kelas 6 SD, tepatnya halaman 90, materinya adalah variasi dan kombinasi gerak dasar dalam seni bela diri pencak silat.

Pencak silat bukan hanya sebagai salah satu olahraga, tetapi juga sudah menjadi salah satu budaya Indonesia yang perlu kita pertahankan.

Pencak silat juga mempunyai gerakan-gerakan khas, seperti dari sikap kuda-kudanya, tendangan, tangkisan, dan menghindar.

Selain itu, pencak sila juga mempunyai berbagai macam variasi gerakan. Variasi gerakan pencak silat berupa, melangkah-pukulan, melangkah-tendangan, melangkah-tangkisan, melangkah-hindaran.

Untuk mempelajari pencak silat, teman-teman bisa meningkatkan pemahamannya melalui contoh soal dan pembahasannya berikut ini. 

1. Deskripsikan variasi kuda-kuda depan dan kuda-kuda belakang dengan kombinasi pukulan! 

Jawaban: 

- Kuda-kuda depan 

- Bukalah kaki selebar bahu kita. 

Baca Juga: Contoh Soal dan Pembahasan Materi tentang Jenis Hewan Berdasarkan Makanannya

- Lalu, rendahkan tubuh hingga posisi paha kita datar. 

- Letakkanlah lengan di samping tubuh dan tekuk ke dalam.