Aplikasi PeduliLindungi Bisa Lakukan Scan Barcode Tanpa Koneksi Internet, Ini Penjelasannya

By Grace Eirin, Senin, 7 Februari 2022 | 14:00 WIB
Mulai sekarang, scan barcode menggunakan aplikasi PeduliLindungi bisa dilakukan tanpa koneksi internet. (Freepik)

Bobo.id - Aplikasi PeduliLindungi kini memperbarui fitur yang dapat digunakan di tempat umum meski tak terhubung dengan internet.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah menambahkan fitur terbaru pada aplikasi PeduliLindungi bernama offline check in.

Dengan adanya fitur offline check in ini, masyarakat dapat tetap melakukan scanning barcode dalam kondisi telepon seluler tidak terhubung dengan internet.

Dikutip dari akun media sosial @Kemenkominfo, disebutkan bahwa fitur offline check in baru dapat dipakai oleh pengguna PeduliLindungi setelah melakukan pembaruan (upgrade) aplikasi.

Melalui pemakaian fitur terbaru tersebut, check in dengan PeduliLindungi di ruang publik, gedung perkantoran, atau di mana saja akan semakin mudah.

Setiap mengunjungi fasilitas publik seperti mal, rumah sakit, taman kota, minimarket, dan lainnya, masyarakat wajib memindai QR Code yang telah disiapkan Kemenkominfo.

Fitur ini dinilai memudahkan pengelola untuk mengetahui status vaksinasi COVID-19 masyarakat yang mengunjungi tempat-tempat tersebut.

Selain itu, bagi pemerintah, aplikasi ini dapat dijadikan alat penelusuran (tracing) digital dari potensi penyebaran COVID-19.

Berikut ini indikator warna yang akan muncul setelah melakukan scan barcode.

Baca Juga: Cara Mengunduh Sertifikat Vaksin di PeduliLindungi, Cermati Juga Arahan Kemenkes Ini

Penjelasan Indikator Warna

Setelah melakukan scan barcode di fasilitas publik, maka akan muncul indikator warna pada aplikasi PeduliLindungi