Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD Tema 9, Apa Saja Nila-Nilai yang Didapatkan dari Cerita Fiksi 'Riri tidak Iri Lagi’?

By Thea Arnaiz, Jumat, 11 Februari 2022 | 18:00 WIB
Kunci jawaban materi kelas 6 SD tema 9, nilai-nilai apa saja yang didapatkan dari cerita fiksi 'Riri tidak Iri Lagi’. (Foto oleh Lena Shekhovtsova dari Pexels)

Bobo.id - Pada pelajaran tematik kelas 6 SD tema 9, tepatnya halaman 212, teman-teman akan mempelajari apa itu yang dimaksud sikap adil.

Sikap adil harus kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan bersikap adil ini bermanfaat agar kehidupan sosial kita seimbang.

Dengan begitu kita bisa mengurangi perselisihan yang tidak baik dalam kehidupan bermasyarakat.

Untuk mengetahui sikap adil, teman-teman bisa memahaminya melalui cerita fiksi berikut ini.

Meskipun cerita fiksi ini bukanlah cerita nyata. Namun, cerita fiksi banyak mengandung pelajaran berharga yang bisa kita dapatkan.

Oleh karena itu, sebelum mengerjakan soalnya dan menemukan kunci jawabannya. Teman-teman bisa membaca cerita fiksi berikut ini dengan saksama. Yuk, baca! 

Riri tidak Iri Lagi 

Oleh Elisa D.S. 

Riri merasa sebal sekali! Menurutnya, Ibu pilih kasih, karena semua perhatian dan kasih sayang Ibu hanya tercurah kepada Salsa, adiknya yang baru berusia enam bulan. Riri yang duduk di bangku kelas enam di salah satu SDN favorit di Gresik, Jawa Timur itu merasa jengkel hingga ia menyendok nasinya tanpa selera. Ia menatap kesal ke arah boneka Salsa yang masih terbungkus plastik. Padahal dua minggu sebelumnya Salsa telah mendapatkan hadiah dari Ibu. Hadiah itu berupa piano mainan berbentuk kue tar dengan berbagai pilihan lagu ceria khas balita. Lagu-lagu itu akan terdengar bila Salsa menyentuh salah satu tuts piano mainan itu. 

Baca Juga: 7 Contoh Simbiosis Mutualisme di Alam, Materi Kelas 5 Tema 5

“Ri, kok makan sambil melamun?” tegur Ibu. 

Riri hanya diam dan cepat-cepat menghabiskan makanannya. Setelah itu, ia bergegas masuk ke kamar dan melempar badannya di atas tempat tidurnya.