Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD/MI Tema Menjelajah Angkasa Luar, Apa yang Melandasi Semangat Persatuan dan Kesatuan Masyarakat Indonesia?

By Thea Arnaiz, Selasa, 22 Februari 2022 | 11:30 WIB
Kunci jawaban materi kelas 6 SD/MI tema menjelajah angkasa luar, apa landasan semangat persatuan dan kesatuan masyarakat Indonesia. (Foto oleh ANTONI SHKRABA dari Pexels)

Bobo.id - Pada pelajaran tematik kelas 6 SD tema menjelajah angkasa luar, subtema 1, pembelajaran 3, tepatnya halaman 21, teman-teman akan mempelajari materi tentang menjelaskan makna persatuan dan kesatuan dalam kehidupan bermasyarakat.

Sebelum kita mengerjakan soal dan menemukan kunci jawabannya, teman-teman bisa memahami materinya secara singkat terlebih dahulu.

Bangsa Indonesia mempunyai keragaman dalam hal suku bangsa, budaya, dan agama.

Tetapi, hubungan sosial yang terjalin di masyarakat dapat berlangsung dengan selaras, serasi, dan harmonis.

Hal ini dapat terjadi karena masyarakat Indonesia mempunyai semangat persatuan dan kesatuan.

Semangat persatuan kesatuan ini juga sesuai dengan semboyan bangsa kita, yaitu Bhinneka Tunggal Ika.

Oleh karena itu, kita bisa mempelajari tentang menjelaskan makna persatuan dan kesatuan dalam kehidupan bermasyarakat.

Kita bisa membaca teks fiksi berikut ini. Yuk, baca dengan saksama. 

Persatuan dan Kesatuan dalam Kehidupan Bertetangga 

Baca Juga: Contoh Soal dan Pembahasan tentang Variasi dan Kombinasi Gerak Dasar pada Permainan Bola Besar

Menjelang tanggal 17 Agustus, masyarakat Indonesia mulai antusias mempersiapkan berbagai lomba untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia. Tak terkecuali dengan masyarakat di Desa Sukajaya. Pak RT mengundang warga untuk bermusyawarah mengenai acara peringatan kemerdekaan Indonesia. Pada musyawarah tersebut, seluruh warga diberi kesempatan yang sama untuk mengusulkan acara yang akan dilaksanakan. Warga saling menghormati pendapat masing-masing. Meskipun berasal dari suku dan agama yang berbeda-beda, warga Desa Sukajaya tetap saling menghormati. 

Sehari sebelum perayaan hari kemerdekaan, para warga berkumpul untuk menyiapkan berbagai kegiatan. Namun, Pak Dito tidak dapat mengikuti kegiatan tersebut. Pak Dito yang beragama Kristen hendak beribadah ke gereja karena hari itu adalah hari Minggu. Pak Dito meminta ijin untuk tidak mengikuti kegiatan tersebut. Para warga menghormati Pak Dito dan membiarkan ia menjalankan ibadah. Tugas Pak Dito digantikan oleh warga lain. Pak Dito berterima kasih kepada para warga.