Napas Mudah Terengah-engah Akibat Terinfeksi COVID-19? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

By Sarah Nafisah, Sabtu, 26 Februari 2022 | 16:00 WIB
Penyintas COVID-19 napasnya mudah ngos-ngosan, kenapa? (Freepik.com)

Bobo.id - Terinfeksi COVID-19 bisa menyebabkan beberapa perubahan dalam tubuh. Salah satu yang sering dilaporkan adalah napas jadi mudah terengah-engah.

Napas terengah-engah atau ngos-ngosan bisa mengganggu aktivitas. Hal itu karena akan sulit mengatur napas dan terkadang diiringi rasa tak nyaman pada dada.

Biasanya kita terengah-engah setelah melakukan aktivitas berat, seperti berolahraga, mengangkat barang berat, dan lain-lain.

Namun, penyintas COVID-19 mengatakan napas bisa terengah-engah walau hanya melakukan aktivitas ringan.

Misalnya, jalan ke kamar mandi, membersihkan kamar, naik dan turun tangga, yang sebenarnya adalah aktivitas sehari-hari.

Mengapa penyintas COVID-19 napasnya jadi mudah terengah-engah? Berikut adalah penjelasan tentang penyebab dan cara mengatasinya.

Penyebab Napas Mudah Terengah-engah Setelah COVID-19

Dilansir dari NHS yang dikutip dari Kompas.com, alasan kenapa penyintas jadi lebih gampang terengah-engah setelah terkena COVID-19 karena masih dalam fase pemulihan sakit.

Seperti diketahui, penyakit yang menyerang saluran pernapasan biasanya menyebabkan napas jadi terengah-engah.

Baca Juga: Setelah Terpapar COVID-19 jadi Cepat Lelah? Ikuti 8 Langkah Ini untuk Mengatasinya

Cara Mengatasi Napas Mudah Terengah-engah Setelah COVID-19

Meskipun penyintas sudah dinyatakan sembuh dan infeksi corona tidak lagi menular, napas terengah-engah setelah COVID-19 ini bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.