Apa Saja 3 Produk Kimia Hasil Fotosintesis Tumbuhan? Ini Penjelasannya

By Thea Arnaiz, Senin, 21 Maret 2022 | 19:00 WIB
Produk-produk kimia yang dihasilkan dari proses fotosintesis tumbuhan. (Foto oleh Couleur dari Pexels)

Bobo.id - Proses fotosintesis pada tumbuhan, adalah menyerap energi cahaya dari matahari secara langsung melalui daunnya.

Tepatnya, menggunakan zat hijau daun (klorofil) yang ada di dalam kloroplas, serta mengolahnya secara kimia.

Bahan-bahan kimia yang dihasilkan itulah, yang akan digunakan oleh tumbuhan untuk hidup, tumbuh, dan berkembang biak. Berikut ini produk-produk kimia hasil fotosintesis tumbuhan. 

Produk Hasil Fotosintesis Tumbuhan 

1. ATP (Adenosin Trifosfat) 

Tujuan pertama tumbuhan melakukan fotosintesis adalah untuk menghasilkan energi melalui energi sinar matahari yang diserap klorofil (zat hijau).

Energi yang dihasilkan tumbuhan adalah enzim ATP. Apa itu enzim ATP?

Enzim ATP adalah produk yang dibutuhkan oleh semua makhluk hidup dan energi yang digunakan untuk mengaktifkan kumpulan sel.

Pada hewan dan manusia, ATP disimpan dalam jaringan otot. Sedangkan, tumbuhan menyimpan ATP di dalam kloroplas yang juga berfungsi menyerap energi matahari.

Baca Juga: Perbedaan antara Klorofil dan Kloroplas Beserta Fungsinya dalam Fotosintesis

ATP tumbuhan ini nantinya digunakan dan diproduksi selama fotosintesis yang bertujuan menghasilkan ATP dan siklus Calvin, yaitu proses metabolisme yang menghasilkan gula.

Namun, mikroorganisme bukan hewan seperti protista, menyimpan ATPnya di dalam sel mitokondria. Oleh karena itu, mitokondria juga disebut sumber tenaga pada sel.