Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD/MI Tema Menjelajah Angkasa Luar, Bagaimana Tata Surya Terbentuk Menurut Teori?

By Thea Arnaiz, Selasa, 22 Maret 2022 | 11:30 WIB
Kunci jawaban materi kelas 6 SD/MI tema menjelajah angkasa luar, bagaimana tata surya Terbentuk dan teori pembentukannya. (Foto oleh Alex Andrews dari Pexels)

Bobo.id - Pada pelajaran tematik kelas 6 SD/MI tema menjelajah angkasa luar, subtema 3, pembelajaran 5, tepatnya halaman 119, materinya adalah menjelaskan perkembangan teori tata surya.

Sebelum mengerjakan soal dan menemukan kunci jawabannya, teman-teman bisa menyimak materinya secara singkat terlebih dulu.

Sejak dahulu, manusia sudah bertanya-tanya tentang asal-usul tata surya. Berbagai macam teori pembentukan tata surya terus dikembangkan.

Penelitian-penelitian tentang tata surya tidak berhenti dilakukan di setiap peradaban manusia.

Hingga saat ini, beberapa teori pembentukan tata surya sudah dihasilkan ada teori nebula, teori planetesimal, teori pasang surut, teori awan debu, teori big bang, dan lain-lain.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang materi ini, teman-teman bisa mendapatkan informasi mengenai teori-teori tersebut melalui penjelasan berikut ini. 

Bagaimana tata surya ini terbentuk? 

Jawaban: 

Ada beberapa macam teori pembentukan tata surya, berikut ini beberapa teori yang paling kuat. 

Baca Juga: Cari Jawaban Materi Kelas 3 SD Tema 7, Apa Manfaat dari Teknologi Pangan?

1. Teori nebula 

Teori nebula atau kabut ini menjelaskan kalau tata surya dibentuk dalam tiga tahap. Pada awalnya, matahari dan planet-planet masih berbentuk kabut yang besar dan pekat.