Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD/MI Tema Menjelajah Angkasa Luar, Bagaimana Langkah-Langkah Membuat Patung Konstruksi?

By Thea Arnaiz, Rabu, 23 Maret 2022 | 10:30 WIB
Kunci jawaban materi kelas 6 SD/MI tema menjelajah angkasa luar, bagaimana langkah-langkah membuat patung konstruksi. (Foto oleh Ryutaro Tsukata dari Pexels)

Bobo.id - Pada pelajaran tematik kelas 6 SD/MI tema menjelajah angkasa luar, subtema 3, pembelajaran 5, tepatnya halaman 124, materinya adalah menjelaskan macam-macam teknik membuat patung.

Sebelum mengerjakan soal dan menemukan kunci jawabannya, teman-teman bisa menyimak materinya secara singkat terlebih dulu.

Patung-patung yang sering kita lihat, ternyata membuatnya tidak sembarangan. Dibutuhkan teknik khusus agar sebuah patung dapat dinikmati keindahannya.

Apalagi, patung bukan hanya sebuah dekorasi, tetapi juga karya seni yang perlu ketelitian agar bentuknya sesuai yang diharapkan.

Bahan baku patung sendiri ada berbagai macam, mulai dari kayu, tanah liat, gips, dan bahan-bahan lainnya yang dapat dimanfaatkan.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang materi ini, teman-teman bisa mengerjakan soal-soal berikut ini. Yuk, kerjakan! 

1. Jelaskan teknik-teknik yang dapat digunakan dalam membuat patung! 

Jawaban: 

- Teknik membutsir 

Baca Juga: Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD/MI Tema Menjelajah Angkasa Luar, Apa Manfaat Penemuan Konsep Tata Surya Bagi Kehidupan Manusia?

Dengan teknik ini, patung dibuat dengan cara memijit, menambah, dan mengurangi bahan baku patung dengan alat butsir. Bahan baku patung yang digunakan adalah tanah liat. 

- Teknik memahat