Abadikan Karya dan Semangat Pak Tino Sidin, Museum Taman Tino Sidin Ajak Anak-Anak Tak Takut Menggambar

By Grace Eirin, Jumat, 25 Maret 2022 | 16:00 WIB
Lukisan wajah Bapak Tino Sidin, di Museum Taman Tino Sidin. (Bobo.id/Grace Eirin)

Bobo.id - Beberapa waktu lalu, redaksi Bobo berkunjung ke Museum Taman Tino Sidin yang beralamat di Jalan Tino Sidin 297, Kadipiro, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, DI Yogyakarta. 

Di sana, redaksi Bobo bertemu langsung dengan putri dari Bapak Tino Sidin, yang juga mengelola museum, yaitu Ibu Panca Takariyati. 

Dengan senang hati, Ibu Panca berkenan untuk membagikan cerita tentang terbentuknya Museum Taman Tino Sidin beserta harapannya untuk anak-anak dan pengunjung.

Nah, kamu bisa membaca dan menemukan keunikan Museum Taman Tino Sidin dari artikel berikut.

Siapa Pak Tino Sidin itu? 

Sebelumnya kamu mungkin bertanya-tanya, siapakah Bapak Tino Sidin yang namanya dijadikan nama salah satu museum di Yogyakarta ini?

Pak Tino Sidin adalah seorang seniman, pelukis, dan guru menggambar yang namanya telah dikenal masyarakat Indonesia sebagai 'guru dengan jutaan murid'.

Beliau mendapatkan banyak murid berkat kiprah dan karyanya di TVRI pada tahun 1970 sampai 1990-an. 

Pada tahun 1969, Bapak Tino Sidin mengisi acara Gemar Menggambar di TVRI Jogja hingga tahun 1978. 

Baca Juga: Tak Hanya Menyimpan Benda Bersejarah, Museum Juga Menyimpan Benda Unik, Seperti Museum-Museum Unik Ini

Karena mendapatkan respons positif dari masyarakat, maka beliau kemudian diminta kembali mengisi acara tersebut di TVRI Pusat yang berada di Jakarta, mulai tahun 1978 sampai 1990. 

Penghargaan dari TVRI yang diberikan khusus untuk Bapak Tino Sidin sebagai guru pada acara Gemar Menggambar. (Bobo.id/Grace Eirin)