Terungkap! Ternyata Tanaman Bisa Tumbuh Subur dengan Bantuan Musik, Ini Penjelasannya

By Fransiska Viola Gina, Senin, 4 April 2022 | 15:00 WIB
Bibit tanaman sedang proses bertumbuh bersama. (PIXABAY/zdfj)

Bobo.id - Teman-teman pasti sering mendengar kalau tanaman bisa mendengar ketika kita sedang berbicara.

Ternyata, bukan hanya dapat diajak mengobrol saja, lo.

Penelitian mengungkapkan bahwa tanaman juga dapat mendengarkan musik. Hal ini bahkan juga bisa meningkatkan proses pertumbuhannya.

Tentunya bukan seperti manusia mendengarkan lagu atau musik melalui telinga.

Berdasarkan berbagai literatur, tumbuhan dapat tumbuh dengan lebih baik apabila didampingi dengan musik selama masa pertumbuhannya. Menarik, ya?

Sebuah penelitian dari Sciencing menunjukkan bahwa suara apapun memiliki kemampuan untuk merangsang pertumbuhan tanaman.

Penelitian ini mengungkapkan bahwa tanaman yang terpapar suara selama enam jam sehari menunjukkan pertumbuhan yang meningkat dibandingkan dengan tanaman tanpa paparan suara.

Seperti manusia, tumbuhan mengenali getaran yang berasal dari musik dan bunyi-bunyian kemudian meresponsnya. Namun tumbuhan tidak hanya bereaksi terhadap musik.

Dalam berbagai penelitian, tumbuhan akan tumbuh dan berkembang dengan baik pula apabila didengarkan suara-suara alami seperti suara burung berkicau.

Baca Juga: Bisa Atasi Insomnia, Ini Manfaat dan Jenis Musik yang Buat Tidur Nyenyak

Selain diberi pupuk, pemberian musik atau suara yang menenangkan seperti musik klasik memberi pengaruh terhadap pertumbuhan tanaman.

Teknologi itu dikembangkan lebih jauh dan diberi nama ‘Sonic Bloom’.