Kebudayaan Suku Bugis: Sejarah, Kesenian, dan Ciri Khasnya

By Thea Arnaiz, Selasa, 5 April 2022 | 13:30 WIB
Kebudayaan suku Bugis dari sejarah, kesenian, dan ciri khasnya. (Annisa Almunawarah/commons.wikimedia.org)

Bobo.id - Kebudayaan suku Bugis dapat teman-teman pelajari dari sejarah, kesenian, dan ciri khasnya.

Suku Bugis sendiri adalah salah satu suku yang ada di Pulau Sulawesi, khususnya mendiami Sulawesi Selatan.

Mereka tersebar di sejumlah wilayah, antara lain Kabupaten Bone, Sinjai, Sidrap, Pinrang, Barru, Pare-Pare, Bulukumba, Sopeng, Wajo, dan Luwu.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang suku Bugis dan kebudayaannya, teman-teman bisa menyimaknya melalui pembahasan berikut ini. Yuk, simak agar wawasan kita bertambah.  

Sejarah Suku Bugis

Suku Bugis ini termasuk dalam ras Deutro Melayu atau Melayu Muda, yaitu populasi yang bermigrasi pada gelombang kedua dari dataran Dongson di Vietnam Utara.

Populasi ini memasuki Nusantara melalui Asia Selatan pada Zaman Logam sekitar 3.000 hingga 1.200 Sebelum Masehi.

Lalu, kenapa mereka dinamakan suku Bugis? Menurut manuskrip Sure’ Galigo, Bugis berasal dari kata To Ugi. To Ugi ini merujuk pada raja pertama di Pammana, Wajo, yang bernama La Sattumpugi.

To Ugi berarti pengikut Raja La Sattumpugi. Selain itu, kerajaannya pun semakin berkembang, mulai dari Kerajaan Bone, Makassar, Soppeng, dan Wajo.

Baca Juga: Cari Jawaban Kelas 5 SD Tema 1, Apa Saja Suku Bangsa yang Ada di Indonesia?

Selain itu, menurut manuskrip Sure’ Galigo juga, awal mula dihuninya negeri Bugis adalah dimulai dari Dewa dari Botinglangi’ bertemu dengan We’Nyelli timo dari Buri’liung di Tana Luwu

Selanjutnya, mereka pun mengahsilkan ratusan keturunan dewa yang hidup dalam enam generasi, serta membentuk kerajaan-kerajaan yang ada di Sulawesi Selatan.