Bagaimana Gempa Bumi Bisa Memicu Terjadinya Gelombang Tsunami?

By Grace Eirin, Jumat, 8 April 2022 | 13:00 WIB
Bagaimana tsunami dapat terjadi? (RF._.studio/Pexels)

Bobo.id - Saat kita membaca berita dan peringatan gempa bumi dari laman resmi BMKG, terdapat keterangan 'berpotensi tsunami'. 

Tahukah kamu, mengapa gempa bumi dapat memicu terjadinya gelombang tsunami? Sebelum mencari tahu jawabannya, mari kita simak penjelasan tentang tsunami terlebih dahulu. 

Apa Itu Tsunami? 

Dilansir dari Livescience, Wayne Presnell, seorang ahli meteorologi National Oceanic and Atmospheric Administration's National Weather Service Marine and Coastal Services Branch menjelaskan tentang bagaimana ombak terjadi. 

Presnell mengatakan pembentuk utama terjadinya ombak adalah angin. Kecepatan dan durasi angin membantu memengaruhi ukuran dan frekuensi gelombang laut, atau ombak. 

Ombak atau gelombang laut sebenarnya bergerak dengan kecepatan mencapai 805 kilometer per jam. 

Lalu, masih bersumber dari Livescience, tsunami adalah serangkaian gelombang ombak besar, yang keluar karena gempa bumi, letusan gunung berapi, tanah longsor, atau ledakan di bawah laut. 

Sementara menurut National Geographic, tsunami yaitu serangkaian gelombang laut yang mengirimkan gelombang air, yang rata-rata ketinggiannya mencapai lebih dari 30,5 meter. 

Nah, gelombang tsunami ini dapat terjadi jika secara alami terjadi gempa bumi besar di bawah laut, yang pusatnya terletak di batas lempeng tektonik.

Baca Juga: Mengapa Langit di Siang Hari Berwarna Biru? Ini Penjelasannya

Ketika dasar laut di batas lempeng mengalami naik-turun akibat gempa, maka air di atasnya akan membentuk gelombang-gelombang besar. 

Faktanya, sekitar 80 persen tsunami terjadi di 'Cincin Api' Samudra Pasifik.