Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD/MI Tema Bumiku, Mengapa Waktu di Indonesia Dibedakan Menjadi Tiga Wilayah Waktu?

By Thea Arnaiz, Kamis, 14 April 2022 | 09:30 WIB
Kunci jawaban materi kelas 6 SD/MI tema bumiku, mengapa waktu di Indonesia dibedakan menjadi tiga wilayah waktu. (Foto oleh Thirdman dari Pexels)

Bobo.id - Pada pelajaran tematik kelas 6 SD/MI tema Bumiku, subtema 1, pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), tepatnya halaman 30, materinya adalah perbedaan waktu di berbagai tempat di muka Bumi.

Sebelum menemukan kunci jawabannya, teman-teman dapat menyimak materinya secara singkat terlebih dahulu.

Seperti yang kita tahu, waktu di berbagai wilayah Bumi ini tidaklah sama. Di Indonesia sendiri mempunyai tiga perbedaan waktu dengan selisih satu hingga dua jam dibandingkan dengan waktu Indonesia yang ada di bagian barat.

Pembagian perbedaan waktu di dunia sendiri terbagi menjadi 24 zona yang disesuaikan dengan posisi garis lintang setiap negara.

Garis lintang ini memengaruhi selang waktu setiap zona, yaitu setiap 15 derajat mempunyai selang waktu hingga sekitar satu jam.

Pembagian zona waktu dunia ini dinamakan Universal Time Coordinator (UTC) jika menggunakan format 12 jam dan Greenwich Mean Time (GMT) jika menggunakan format 24 jam.

Selain karena garis lintang yang membagi perbedaan waktu di Bumi, revolusi Bumi terhadap Matahari juga memengaruhi perbedaan lamanya waktu siang dan malam hari di Bumi.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai materi ini, teman-teman bisa mengerjakan soalnya seperti berikut ini. Yuk, kerjakan! 

Mengapa waktu di Indonesia dibedakan menjadi tiga wilayah waktu? 

Baca Juga: Materi Kelas 5 SD, Pengertian Fitoremediasi, Contoh Tumbuhan, dan Tujuan Fitoremediasi

Jawaban: 

Indonesia mempunyai tiga wilayah waktu karena posisi astronomisnya, yaitu berdasarkan garis lintang dan garis bujur.