Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD/MI Tema Bumiku, Apa Pengaruh Perbedaan Waktu dalam Kehidupan Sehari-hari?

By Thea Arnaiz, Sabtu, 16 April 2022 | 08:00 WIB
Kunci jawaban materi kelas 6 SD/MI tema bumiku, apa pengaruh perbedaan waktu dalam kehidupan sehari-hari. (Foto oleh Moose Photos dari Pexels)

Bobo.id - Pada pelajaran tematik kelas 6 SD/MI tema Bumiku, subtema 1, perbedaan waktu dan pengaruhnya, tepatnya halaman 12, materinya adalah menjelaskan rotasi dan revolusi Bumi serta akibatnya.

Sebelum menemukan kunci jawabannya, teman-teman dapat menyimak materinya secara singkat terlebih dahulu.

Perputaran Bumi pada porosnya disebut rotasi Bumi. Bumi akan berputar pada porosnya dari arah barat ke timur dan membutuhkan waktu selama 23 jam, 56 menit dan 4 detik untuk satu kali berotasi.

Sedangkan, revolusi bumi adalah pergerakan Bumi mengelilingi Matahari. Selain itu, Bumi membutuhkan waktu selama 365 hari untuk berevolusi secara penuh terhadap matahari.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai materi ini, teman-teman bisa membaca teks non fiksi berikut dan kerjakan soalnya. Yuk, baca dengan saksama! 

1. Kerjakan soal-soal berikut. 

a. Apa pengaruh terjadinya siang dan malam yang kamu rasakan dalam kehidupan sehari-hari? Jelaskan. 

b. Apa pengaruh perbedaan waktu dalam kehidupan sehari-hari? Jelaskan. 

Jawaban: 

Baca Juga: Contoh Soal dan Pembahasan Materi tentang Tangga Nada Pentatonis

a. Akibat rotasi Bumi yang menyebabkan terjadinya siang dan malam. Kita bisa mengatur waktu kapan waktunya bangun tidur ataupun berangkat tidur pada malam hari.

Kita juga tidak kesulitan menentukan pukul berapa jika ingin bertemu dengan seseorang, karena sudah ada jam yang menunjukkan waktu 24 jam sesuai lamanya rotasi Bumi.