Hapus 10 Email Setiap Hari Bisa Hemat Ribuan Ton Batu Bara, Benarkah?

By Niken Bestari, Selasa, 19 April 2022 | 15:30 WIB
Menghapus 10 E-mail perhari bisa menghemat ribuan ton barubara, benarkah? (Pixabay.com)

Bobo.id - Sempat ramai dibicarakan bahwa menghapus Email atau surat elektronik bisa menjadi salah satu cara menyelamatkan Bumi. 

Bobo melansir dari Kompas (19/04/2022) bahwa email disimpan di komputer-komputer yang khusus dinyalakan 24 jam sebagai server atau penyedia layanan email .

Dilansir dari BBC, satu buah email dapat menyumbangkan sekitar 4 gram emisi karbon.

Emisi karbon adalah gas yang dikeluarkan dari hasil pembakaran senyawa yang mengandung karbon, seperti karbon dioksida, solar, gas, dan bahan bakar lainnya.

Dalam arti sederhana, emisi karbon adalah pelepasan karbon ke atmosfer.

Apabila email  tersebut disertai dengan lampiran seperti foto dan dokumen, maka besaran emisi karbon yang dihasilkan bisa lebih besar, yakni mencapai 50 gram.

Hal serupa juga berlaku pada email l spam. Meski jumlahnya sedikit, email  yang terus ditumpuk juga akan menghasilkan emisi karbon sebesar 0,3 gram/e-mail

Boros Listrik 

Perusahaan penyedia data untuk email  masih menggunakan bahan bakar fosil, lo.

Baca Juga: Ramai Dibicarakan, Benarkah Menghapus Email Bisa Jadi Satu Cara Selamatkan Bumi?

Tak jarang untuk memasok sumber listrik, perusahaan penyedia data masih menggunakan bahan bakar dari minyak bumi dan batu bara.

Maka, semakin besar energi listrik yang digunakan, emisi karbon yang dihasilkan dari pembakaran bahan bakar fosil pada pembangkit listrik tentu akan semakin banyak.