Muncul di Google Doodle Hari Ini, Hari Bumi Peringatkan Kita Dampak Negatif Perubahan Iklim, Apa Saja?

By Grace Eirin, Jumat, 22 April 2022 | 15:15 WIB
Dampak negatif perubahan iklim bagi lingkungan dan makhluk hidup. (Pixabay/Pexels)

Bobo.id - Teman-teman, apakah kamu sudah melihat google doodle yang muncul pada halaman muka google hari ini?

Hari ini, tepat tanggal 22 April, kita memperingati Hari Bumi. Tidak hanya hari ini, Hari Bumi diperingati setiap tanggal 22 April.

Dilansir dari earthday.org, Hari Bumi 2022 mengambil tema Berinvestasi di Planet Kita atau Invest in Our Planet.

Hari Bumi tahun ini mengajak seluruh manusia untuk menyadari berbahayanya perubahan iklim, dengan adanya acara KTT Aksi Iklim Hari Bumi. 

Apakah kamu tahu apa itu perubahan iklim? Yuk, cari tahu bersama melalui penjelasan berikut ini!

Perubahan Iklim

Bersumber dari Livescience, perubahan iklim adalah perubahan jangka panjang pada pola cuaca, yang terjadi secara global maupun regional. 

Perubahan iklim juga bisa didefinisikan sebagai perubahan yang terjadi pada iklim, curah hujan, dan suhu udara karena meningkatnya gas karbon dioksida dan gas-gas lain. 

Dilansir dari Science Alert, perubahan iklim biasanya membutuhkan waktu hingga satu dekade lebih, tidak seperti perubahan cuaca yang bisa berubah dalam hitungan minggu bahkan hari.

Baca Juga: Perubahan Iklim dan Global Warming Ternyata Punya Perbedaan Penting, Ini Penjelasannya

Namun, yang pasti dari perubahan iklim adalah dampak negatifnya. Dampak negatif perubahan iklim akan dirasakan oleh seluruh makhluk hidup di bumi. 

Seperti yang telah dijelaskan di atas, perubahan iklim yang terjadi saat ini berkaitan dengan emisi gas rumah kaca seperti karbon dioksida dan metana.