Tak Perlu Power Bank, Begini 5 Cara Hemat Daya Ponsel saat Perjalanan Mudik Lebaran

By Fransiska Viola Gina, Jumat, 29 April 2022 | 18:50 WIB
Cara menghemat daya ponsel saat perjalanan mudik lebaran. (PIXABAY/StockSnap)

Bobo.id - Menjelang Hari Raya Idulfitri, banyak dari kita melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman orangtua kita. 

Saat perjalanan mudik yang memakan waktu cukup panjang, kita biasa memainkan ponsel untuk menghilangkan jenuh di perjalanan. 

Namun, jika ponsel terus kita mainkan, lama kelamaan daya ponsel akan habis sebelum kita sampai tujuan. 

Padahal ponsel sangat penting selama perjalanan mudik. Selain sebagai hiburan, bisa kita gunakan untuk menghubungi saudara, mencari rute perjalanan mudik hingga membaca informasi terkini. 

Menyadari manfaat ponsel yang sangat penting saat perjalanan mudik, kita harus mengetahui cara menghemat daya ponsel saat perjalaan mudik lebaran. 

Penasaran bagaimana caranya? Yuk, kita cari tahu bersama!

1. Mengurangi Menjalankan Aplikasi Berat

Dalam perjalanan mudik panjang memang sangat membosankan, namun ternyata kita tidak boleh sembarangan menjalankan aplikasi, lo. 

Aplikasi-aplikasi seperti game online dan pemutaran video merupakan contoh aplikasi berat yang dapat dengan mudah menguras daya ponsel teman-teman.

 Baca Juga: 5 Cara Atasi Mabuk Perjalanan Saat Masih Puasa, dari Jangan Bermain Ponsel Hingga Posisi Duduk

Kita bisa memeriksa aplikasi yang paling boros mengonsumsi baterai kita dan mulai menghentikan atau mengurangi penggunaannya. 

Cara memeriksa aplikasi itu berbeda-beda di tiap ponsel. Di ponsel berbasis Android, misalnya, teman-teman bisa mengunjungi opsi "Settings" dan pergi ke menu "Baterry & performance" dan pilih "Power usage".