Ramai Kasus Hepatitis Misterius, Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Organ Hati?

By Amirul Nisa, Rabu, 11 Mei 2022 | 19:40 WIB
Cara menjaga kesehatan hati agar terhindar dari penyakit hepatitis. (pch.vector/freepik)

Bobo.id - Kasus hepatitis misterius juga mulai muncul di Indonesia, bahkan sudah tercatat ada 15 anak-anak yang diduga atau menjadi suspek hepatitis misterius.

Hal ini disampaikan langsung oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin yang membenarkan adanya kasus hepatitis yang diduga temasuk hepatitis serius.

Tiga kasus pertama di Indonesia dilaporkan pada tanggal 27 April 2022, yaitu beberapa hari setelah Badan Kesehatan Dunia atau WHO menyampaikan adanya kejadian luar biasa atau outbreak penyakit ini di Eropa.

Dengan adanya informasi tentang kejadian luar biasa itu, pemerintah menindaklanjuti dengan mengeluarka Surat Edaran (SE).

Pemerintah menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap penemuan kasus hepatitis akut yang tidak diketahui etiologinya (Acute Hepatitis Of Unknown Aetiology).

Selain itu pihak pemerintah juga sudah berkomunikasi dengan Centers for Disease Control and Prevention Amerika Serikat dan Pemerintah Inggris untuk memperoleh informasi mengenai penyakit ini.

Dari hasil komunikasi itu memang belum diketahui pasti virus yang menjadi penyebab dari kasus hepatitis misterius ini.

Kini para peneliti Indonesia yang bekerja sama dengan WHO, Amarika Serikat, dan Inggris sedang mencari tahu penyebab dari penyaki ini.

Hingga kini, pihak peneliti masih mencurigai penyebab penyakit adalah adenovirus strain 41.

Baca Juga: Dianggap Unik dan Aneh, Ini Penjelasan Faktor Risiko Hapatitis Misterius yang Menyerang Anak-anak

Meski begitu, virus tersebut belum bisa dinyatakan benar-benar sebagai penyebab karena ada beberapa pasien yang memiliki penyebab berbeda.

Terkait hal tesebut, Menkes meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan dan melakukan tindakan pencegahan. Salah satunya dengan menjaga kebersihan diri.