Mengapa Penyakit Hepatitis Akut pada Anak disebut Misterius? Ini Penjelasan Ahli

By Grace Eirin, Rabu, 18 Mei 2022 | 15:30 WIB
Alasan mengapa penyakit hepatitis akut disebut misterius. (pch.vector/freepik)

Bobo.id - Teman-teman, apakah kamu menonton atau membaca berita kesehatan akhir-akhir ini? 

Sedang ramai diperbincangkan di banyak negara, kemunculan penyakit hepatitis akut secara misterius yang menyerang anak-anak.

Melalui LIVE Streaming pada akun Instagram dan Youtube pada Selasa (18/5/2022) pukul 11.00 WIB, GridHEALTH telah mengundang seorang ahli kesehatan yaitu dr. Leny Kartina, Sp.A(K) selaku dokter anak, untuk mengajak masyarakat mulai waspada terhadap penyakit Hepatitis Akut Misterius. 

Nah, dari acara GridHEALTH Dialogue tersebut, Bobo akan merangkum dan membagikan beberapa informasi penting tentang penyakit Hepatitis Akut Misterius pada artikel ini. Yuk, simak!

Apa itu Hepatitis Akut Misterius?

Penyakit Hepatitis Akut Misterius adalah salah satu jenis penyakit hepatitis yang lebih sering terjadi pada anak-anak. 

Dilansir dari GridHEALTH Dialogue, dr. Leny menjelaskan bahwa secara umum, penyakit hepatitis merupakan peradangan pada hati yang disebabkan oleh infeksi dan non-infeksi. 

Adapun faktor infeksi sebagai penyebab hepatitis terjadi karena virus. Ada beragam jenis penyakit hepatitis, yaitu hepatitis A disebabkan oleh infeksi virus hepatitis A (HAV), hepatitis B (virus HBV), hepatitis C (HCV), hepatitis D (HDV), dan hepatitis E (HEV). 

Sedangkan faktor non-infeksi, penyakit hepatitis bisa terjadi karena penggunaan obat-obatan tertentu, penyakit autoimun, dan kelainan metabolik.

Baca Juga: Bagaimana Cara Bedakan Diare Biasa dengan Diare Gejala Hepatitis Akut?

Nah, sejak pertama kali ditemukan pada bulan Maret 2022 di Skotlandia, seorang anak yang sebelumnya sehat, mengeluh gangguan saluran pencernaan seperti muntah dan diare. 

Para dokter yang menangani selanjutnya memeriksa kondisi tubuh dan kesehatan organ-organ tubuh anak tersebut, dan menemukan bahwa anak tersebut mengalami penyakit hepatitis.