Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD/MI, Apa Persamaan Kondisi Geografis dan Kehidupan Ekonomi Negara Singapura dan Brunei Darussalam?

By Thea Arnaiz, Kamis, 2 Juni 2022 | 08:01 WIB
Kunci jawaban materi kelas 6 SD/MI tema bumiku, apa persamaan kondisi geografis dan kehidupan ekonomi negara Singapura dan Brunei Darussalam. (rawpixel.com/)

Bobo.id - Pada pelajaran tematik kelas 6 SD/MI tema Bumiku, subtema 3, bumi, matahari, dan bulan, tepatnya halaman 105, materinya adalah pengaruh kondisi geografis dengan kehidupan ekonomi masyarakat di kawasan Asia Tenggara.

Sebelum menemukan kunci jawaban, teman-teman dapat menyimak materinya secara singkat terlebih dahulu.

Sebagian besar negara-negara di kawasan Asia Tenggara mempunyai kondisi geografis yang hampir sama.

Hal ini karena Asia Tenggara masih berada di sekitar garis ekuator yang menyebabkan curah hujan dan penyinaran mataharinya sama.

Tetapi, akibat pembagian wilayah, masyarakat yang ada di Asia Tenggara mempunyai kondisi geografis dan sumber daya alam yang berbeda untuk dimanfaatkan.

Sehingga, setiap negara di kawasan Asia Tenggara juga mempunyai hasil perekonomian yang berbeda-beda.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang pengaruh kondisi geografis dengan kehidupan ekonomi masyarakat di kawasan Asia Tenggara, kita bisa mengerjakan soalnya dan membaca teks berikut dengan saksama! 

Perhatikan kondisi geografis kedua negara anggota ASEAN berikut. 

Singapura 

Baca Juga: Contoh Soal dan Pembahasan Materi tentang Tangga Nada Diatonis

Singapura merupakan negara paling maju dan makmur di kawasan Asia Tenggara. Luas wilayahnya kecil dan sebagian besar wilayahnya berupa dataran rendah. Kekayaan negara Singapura berasal dari sektor pariwisata dan menjadi pelabuhan paling ramai di kawasan Asia Tenggara karena letaknya yang berada di jalur perdagangan dunia. Kegiatan ekonomi penduduk Singapura lainnya bergerak di bidang perdangan, industri dan jasa. 

Brunei Darussalam