Bobo.id - Iklan adalah sebuah media promosi sebuah informai maupun produk atau jasa pada masyarakat.
Tujuan iklan adalah untuk memperkenalkan produk dan jasa supaya banyak masyarakat yang tertarik.
Nah, pada materi kelas 5 tema 9, kita mengenal beragam macam iklan.
Umumnya, iklan digunakan sebagai upaya meningkatkan keuntungan ekonomi perusahaan atau penyedia layanan.
Namun ada juga jenis iklan yang tidak bertujuan mendapat keuntungan ekonomi, yaitu iklan layanan masyarakat.
Pengertian Iklan Layanan Masyarakat
Pengertian iklan layanan masyarakat adalah iklan yang digunakan untuk menyampaikan informasi, mempersuasi, atau mendidik khalayak yang tujuan akhirnya bukan untuk mendapat keuntungan ekonomi, melainkan keuntungan sosial.
Adalah munculnya tambahan pengetahuan, kesadaran sikap dan perubahan perilaku masyarakat terhadap masalah yang diiklankan, serta mendapatkan citra baik.
Iklan Layanan Masyarakat merupakan kampanye sosial yang bertujuan memberi ide atau gagasan untuk kepentingan khalayak atau masyarakat.
Baca Juga: Contoh Soal dan Pembahasan tentang Iklan Layanan Masyarakat
Biasanya pesan yang diangkat berupa ajakan, pernyataan atau imbauan kepada masyarakat untuk melakukan suatu tindakan demi kepentingan bersama atau mengubah perilaku masyarakat supaya menjadi lebih baik.
Ciri-ciri Iklan Layanan Masyarakat
Source | : | kemendikbud.go.id,Kompas,Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 |
Penulis | : | Niken Bestari |
Editor | : | Sarah Nafisah |
KOMENTAR