Bobo.id - Iklan adalah sebuah media promosi sebuah informai maupun produk atau jasa pada masyarakat.
Tujuan iklan adalah untuk memperkenalkan produk dan jasa supaya banyak masyarakat yang tertarik.
Nah, pada materi kelas 5 tema 9, kita mengenal beragam macam iklan.
Umumnya, iklan digunakan sebagai upaya meningkatkan keuntungan ekonomi perusahaan atau penyedia layanan.
Namun ada juga jenis iklan yang tidak bertujuan mendapat keuntungan ekonomi, yaitu iklan layanan masyarakat.
Pengertian Iklan Layanan Masyarakat
Pengertian iklan layanan masyarakat adalah iklan yang digunakan untuk menyampaikan informasi, mempersuasi, atau mendidik khalayak yang tujuan akhirnya bukan untuk mendapat keuntungan ekonomi, melainkan keuntungan sosial.
Adalah munculnya tambahan pengetahuan, kesadaran sikap dan perubahan perilaku masyarakat terhadap masalah yang diiklankan, serta mendapatkan citra baik.
Iklan Layanan Masyarakat merupakan kampanye sosial yang bertujuan memberi ide atau gagasan untuk kepentingan khalayak atau masyarakat.
Baca Juga: Contoh Soal dan Pembahasan tentang Iklan Layanan Masyarakat
Biasanya pesan yang diangkat berupa ajakan, pernyataan atau imbauan kepada masyarakat untuk melakukan suatu tindakan demi kepentingan bersama atau mengubah perilaku masyarakat supaya menjadi lebih baik.
Ciri-ciri Iklan Layanan Masyarakat
Berikut ini adalah ciri-ciri iklan layanan masyarakat:
- Tidak komersil (bertujuan meningkatkan keuntungan ekonomi)
- Tidak bersifat keagamaan
- Tidak bersifat politis
- Berwawasan nasional
- Diperuntukkan bagi semua lapisan masyarakat
- Diajukan oleh organisasi yang telah diakui dan diterima, biasanya organisasi pemerintahan
Baca Juga: Contoh Soal dan Pembahasan Materi tentang Iklan Elektronik dan Jenisnya
- Dapat diiklankan
- Mempunyai dampak dan kepentingan tinggi sehingga patut memperoleh dukungan media lokal maupun nasional
- Berisi informasi berguna untuk kebaikan banyak orang.
Fungsi Iklan Layanan Masyarakat
Fungsi iklan layanan masyarakat adalah untuk memberi kesadaran kepada khalayak.
Setelah khalayak sadar akan masalah yang ada, mereka akan melakukan perubahan tingkah laku.
Setelah terjadi perubahan tingkah laku di kalangan khalayak, iklan layanan
masyarakat dapat dianggap telah sukses mencapai sasarannya.
Berikut ini adalah beberapa contoh iklan layanan masyarakat:
1. Pentingnya melakukan protokol kesehatan selama pandemi.
2. Contoh upaya kegiatan pencegahan demam berdarah Dengue.
3. Panduan pembuatan kartu jaminan kesehatan (BPJS) masyarakat.
Kuis! |
Apa saja ciri-ciri iklan layanan masyarakat? |
Petunjuk: Cek halaman 2! |
Tonton video ini juga, yuk!
----
Ayo, kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.
Source | : | kemendikbud.go.id,Kompas,Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 |
Penulis | : | Niken Bestari |
Editor | : | Sarah Nafisah |
KOMENTAR