Contoh Soal UKK Ilmu Pengetahuan Sosial, Lengkap dengan Pembahasan

By Thea Arnaiz, Rabu, 8 Juni 2022 | 07:00 WIB
Contoh soal dan pembahasan mengenai Uji Kompetensi Keahlian (UKK), Ilmu Pengetahuan Sosial, kelas 6 SD/MI. (Foto oleh olia danilevich: https://www.pexels.com/id-id/foto/buku-catatan-pena-gadis-penulisan-5088178/)

 

Bobo.id - Sebelum menemukan contoh soal dan pembahasan mengenai Uji Kompetensi Keahlian (UKK).

Kita bisa menyimak pembahasan materinya secara singkat terlebih dahulu.

Pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas 6 SD/MI, teman-teman sudah mempelajari banyak materi.

Di antaranya adalah mengenai ASEAN, kehidupan sosial yang berubah akibat modernisasi, hingga kemerdekaan bangsa Indonesia dari penjajah.

Oleh karena itu, untuk memperdalam pengetahuan yang sudah dipelajari, kita bisa mengerjakan contoh soal dan pembahasannya berikut ini.

Yuk, simak pertanyaannya dan temukan kunci jawabannya.  

1. Apa saja penyebab sebagian besar negara di kawasan Asia Tenggara masih tergolong sebagai negara yang sedang berkembang? 

Jawaban: 

Penyebab kenapa sebagian besar negara di kawasan Asia Tenggara masih tergolong negara berkembang adalah belum memenuhi kategori negara maju.

Baca Juga: Cara Melakukan Pemanasan Sebelum Bermain Bola Basket, Materi Penjasorkes Kelas 6 SD/MI

Negara maju menurut IMF (Dana Moneter Internasional), yaitu pendapatan per kapitanya tinggi, pertumbuhan penduduknya rendah, angka harapan hidup tinggi, angka kematian bayi kecil, pendidikannya tinggi, dan penduduknya menguasai teknologi. 

2. Jelaskan usaha yang dapat dilakukan untuk mengatasi dampak negatif modernisasi dari masuknya budaya luar, terjadinya kesenjangan budaya, dan munculnya budaya konsumerisme.