Berapa Ukuran Lapangan Basket, Lama Permainan, dan Jumlah Pemainnya? Materi UKK PJOK Kelas 5 Semester 2

By Niken Bestari, Selasa, 7 Juni 2022 | 11:30 WIB
Berapa ukuran lapangan basket? Berapa pula lama permainan bola basket dan jumlah pemainnya? (Markus Spiske/pexels)

Bobo.id - Permainan bola basket adalah salah satu jenis permainan bola besar yang teman-teman pelajari dalam materi PJOK sejak kelas 5 semester 2.

Untuk persiapan ujian kenaikan kelas (UKK), selain praktik, teman-teman juga harus memahami teori permainan bola basket.

Teori permainan bola basket yang harus dipahami antara lain adalah luas lapangan bola basket, lama permainan bola basket, dan jumlah pemain bola basket.

Sebagai salah satu bentuk permainan bola besar yang dimainkan secara beregu, cabang bola basket memiliki ketentuan mengenai ukuran lapangan, lama permainan, dan jumlah pemain dalam satu regu.

Ketentuan permainan ini diatur oleh Federasi Bola Basket Internasional (FIBA), yang disusun dalam buku peraturan resmi dan diadopsi oleh negara anggotanya.

Ukuran Lapangan Bola Basket

Wilayah lapangan cabang bola basket merupakan area permainan dengan permukaan datar dan keras serta bebas dari objek penghalang.

Panjang ukuran lapangan bola basket mencapai 28 meter dan lebar 15 meter.

Baca Juga: Cara Melakukan Pemanasan Sebelum Bermain Bola Basket, Materi Penjasorkes Kelas 6 SD/MI

Batas lapangan bola basket ditandai dengan garis berwarna putih atau warna lain yang kontras dengan permukaan lapangan, berukuran lebar 5 cm serta dapat dilihat dengan jelas oleh pemain, wasit, dan pengawas.

 Di dalam lapangan bola basket, terdapat dua buah ring atau sasaran bola pada kedua ujung lapangan, yang memiliki tinggi 3,05 meter dari permukaan lapangan.

Lama Permainan Bola Basket