Tak Bisa Disepelekan, Ini 4 Peran Ajaib Musik untuk Perkembangan Otak

By Grace Eirin, Selasa, 21 Juni 2022 | 17:00 WIB
Musik tidak hanya menyenangkan untuk didengar, namun juga dapat meningkatkan kemampuan memori dan emosi pada otak. (Yan Krukov/pexels)

Bobo.id - Sebagian orang mendengarkan musik untuk menenangkan hati atau perasaan, namun ternyata musik bisa bermanfaat meningkatkan kemampuan otak kita, lo. 

Otak dapat memproduksi bahan kimia yang akan keluar ketika kita merasa senang, nyaman, hingga sedih. 

Kesenangan tersebut bisa kita temukan dari hal-hal seperti mendengarkan musik, bermain dengan teman, atau melakukan hal yang menyenangkan lainnya. 

Menurut Livescience, ada dua tahap yang terjadi pada otak ketika kita merasa senang. Pertama, merupakan tahap antisipatif, atau rasa menginginkan, didorong oleh neurotransmitter dopamin

Neurotransmitter yaitu bahan kimia alami di dalam otak yang membantu komunikasi antara sel saraf. Sedangkan dopamin adalah senyawa kimiawi di otak yang berfungsi untuk mengendalikan emosi.

Tahap kedua disebut dengan tahap penyempurnaan, atau fase menyukai, didorong oleh opioid di otak. 

Menurut Daniel Levitin, seorang profesor psikologi di McGill University di Kanada, opioid di otak inilah yang terlibat langsung dalam kesenangan musik.

Namun, selain itu masih ada lagi beberapa manfaat yang didapatkan otak kita saat mendengarkan musik. Ada apa saja, ya? Yuk, simak!

1. Mengembalikan Memori yang Hilang

Baca Juga: Benarkah Efek Kurang Minum Air Putih Bisa Bikin Otak Menciut?

Beberapa peneliti menemukan bahwa musik digunakan untuk mengobati orang dengan masalah ingatan, atau dengan kata lain musik dapat mengembalikan ingatan. 

Dalam studi yang dilakukan baru-baru ini, para ilmuwan menemukan orang dengan masalah ingatan dan traumatis dapat mengembalikan ingatan masa lalunya melalui musik.