Jangan Sepelekan, Tangan Kesemutan Bisa Jadi Tanda Diabetes dan Penyakit Lainnya

By Grace Eirin, Kamis, 23 Juni 2022 | 17:00 WIB
Tangan kesemutan tidak bisa disepelekan, sebab beberapa penyakit seperti diabetes bisa ditandai dengan tangan kesemutan. (Juan Pablo Serrano Arenas/Pexels)

Bobo.id - Kesemutan adalah kondisi yang wajar terjadi pada semua orang. Biasanya kesemutan terjadi pada kaki atau tangan. 

Rebecca Traub, asisten profesor neurologi di UNC School of Medicine menjelaskan, kesemutan terjadi karena adanya penekanan saraf sementara. 

Pada saat itu terjadi, saraf terjepit sehingga tidak mengomunikasikan sinyal ke tulang belakang atau otak kita. 

Sebagian orang menyebutkan bahwa kesemutan terjadi karena kurangnya suplai darah di bagian yang mengalaminya. 

Penjelasan tersebut ternyata keliru. Sebab, kesemutan dijelaskan sebagai kondisi ketika saraf kita tidak bisa menyampaikan sinyal. 

Tekanan pada saraf di tangan atau kaki dalam jangka waktu lama sehingga memicu sensasi kebas, tertusuk, hingga mati rasa.

Menurut Alodokter.com, kesemutan di tangan juga bisa saja disebabkan oleh penyakit tertentu, salah satunya diabetes. Berikut ini penjelasannya. 

1. Diabetes

Orang yang mengalami diabetes bisa mengalami kadar gula darah tinggi yang bisa menyebabkan kerusakan saraf dan pembuluh darah kecil. 

Baca Juga: 4 Jenis Penyakit Serius yang Ditandai dengan Sakit Perut, Jangan Sampai Disepelekan

Padahal saraf dan pembuluh darah kecil tersebut berfungsi menyalurkan nutrisi pada saraf, maka dari itu memicu kesemutan, nyeri, atau mati rasa.

Pasien diabetes juga kerap merasakan gejala lain, seperti kulit gatal dan kering, berat badan naik atau turun tanpa sebab yang jelas, hingga luka yang sulit sembuh.