Kenapa Penyakit Jantung Bisa Timbulkan Gejala Batuk? Ini Penjelasannya

By Grace Eirin, Selasa, 5 Juli 2022 | 17:45 WIB
Orang yang mengalami penyakit jantung ternyata juga bisa berpengaruh pada paru-paru sehingga menimbulkan gejala batuk. (Gustavo Fring/pexels)

Bobo.id - Penyakit jantung terjadi ketika jantung dan pembuluh darah di sekitar jantung mengalami gangguan. 

Ada beragam jenis penyakit jantung, yang paling sering dibicarakan banyak orang misalnya serangan jantung dan jantung koroner

Serangan jantung sebagai salah satu jenis penyakit jantung ditandai dengan gejala nyeri dada di sebelah kiri seperti tertekan atau tertindih.

Namun, pernahkah kamu mendengar bahwa batuk juga bisa menjadi gejala adanya gangguan pada jantung manusia? 

Hubungan Penyakit Jantung dan Batuk

Batuk biasanya terjadi ketika seseorang mengalami gangguan pernapasan. Sedangkan jantung berhubungan dengan pemompaan dan peredaran darah.

Lalu, kenapa beberapa penyakit jantung ditandai dengan gejala batuk? Faktanya, jantung dan paru adalah organ yang saling berkaitan.

Jantung memompa darah yang mengandung oksigen untuk dibawa ke paru-paru. Bagian yang bertugas memompa darah ke paru-paru adalah bilik kanan. 

Namun, ketika bilik kanan pada jantung mengalami gangguan pemompaan, atau gagal jantung kongestif kanan, maka terjadi tekanan berlebih pada paru-paru. 

Baca Juga: Apa Benar Gampang Kaget Tanda Jantung Lemah dan Bermasalah?

Kondisi tersebut menciptakan penumpukan cairan di paru-paru, yang dapat menimbulkan gejala batuk dan sesak napas.

Seorang dokter penyakit dalam di Brigham and Women Hospital, Eva Shelton, MD, menjelasan bagaimana penyakit jantung bisa sebabkan gejala batuk.