Jangan Disepelekan, Inilah 5 Penyakit Peredaran Darah Manusia dan Penyebabnya

By Thea Arnaiz, Jumat, 8 Juli 2022 | 15:30 WIB
Jangan sampai disepelekan inilah berbagai macam penyakit yang disebabkan gangguan sistem peredaran darah. (Foto oleh Pavel Danilyuk/pexels)

Bobo.id - Kesehatan tubuh penting dijaga agar kita tidak mudah sakit, salah satunya adalah menjaga kesehatan sistem peredaran darah.

Lalu, apa saja gangguan atau penyakit yang bisa menyerang peredaran darah manusia, ya? Simak, penjelasannya berikut ini, agar teman-teman tahu cara mencegahnya, yuk! 

Berbagai Macam Penyakit pada Peredaran Darah Manusia 

1. Jantung Koroner 

Penyakit jantung koroner ini harus teman-teman waspadai karena jadi salah satu penyakit tertinggi di Indonesia maupun dunia.

Jantung koroner bisa terjadi karena pembuluh arteri koroner tidak bisa memasok darah yang cukup untuk otot-otot di jantung.

Arteri koroner adalah arteri yang tugasnya memasok nutrisi serta oksigen ke otot jantung.

Akibat berkurangnya aliran darah yang membawa nutrisi dan oksigen. Maka, otot jantung gagal berkontraksi dan darah tidak bisa dipompa dengan baik.

Lalu, apa penyebabnya arteri koroner tidak bisa memasok darah?

Baca Juga: Bikin Mudah Pegal Linu, Apa Makanan yang Melancarkan Peredaran Darah?

Ternyata, hal ini karena terjadi penumpukan lemak dan kolesterol yang ada di pembuluh darah dan membuat aliran darah tidak lancar.

Gejala-gejala umum dari pasien penyakit jantung koroner biasanya berupa sesak napas, sakit pada lengan dan punggung sebelah kiri, serta sering pusing.