Bagaimana Cara Tumbuhan Bernapas? Ini Jenis Alat Pernapasan Tumbuhan

By Grace Eirin, Senin, 18 Juli 2022 | 07:00 WIB
Stomata yang terdapat pada daun dan batang, juga disebut sebagai alat pernapasan tumbuhan. (cottonbro/pexels)

Bobo.id - Teman-teman, di sekolah kamu pernah belajar tentang ciri-ciri makhluk hidup, bukan? Coba sebutkan ada apa saja!

Ciri-ciri makhluk hidup yaitu bernapas, bergerak, tumbuh, berkembang biak, membutuhkan makanan dan minuman, mampu beradaptasi, peka terhadap rangsang, serta selalu mengeluarkan zat sisa. 

Dari ciri-ciri tersebut, yang paling membedakan makhluk hidup dan makhluk tak hidup yaitu bernapas. 

Tumbuhan adalah salah satu jenis makhluk hidup. Artinya, tumbuhan pasti bisa bernapas. Bagaimana cara tumbuhan bernapas? 

Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari simak penjelasan berikut ini!

Proses Pernapasan pada Tumbuhan

Pada proses pernapasan manusia dan hewan, kita mengalami pertukaran gas oksigen dan karbon dioksida di dalam organ pernapasan. 

Sedangkan pada tanaman, tidak terdapat organ pernapasan yang berfungsi untuk pertukaran gas. Namun, tumbuhan stomata dan lentisel. 

Pernapasan pada tumbuhan menyerap oksigen yang ada di udara untuk menghasilkan air dan energi yang juga berguna untuk kehidupan manusia, juga zat karbon dioksida.

Baca Juga: Kelompok Tumbuhan Tidak Berpembuluh, Ada Tumbuhan Lumut hingga Alga

Sembari melakukan proses pernapasan, tumbuhan juga menghasilkan makanannya yang berguna agar mereka tetap bertahan hidup, disebut pula dengan proses fotosintesis.

Pertama, fotosintesis dapat dilakukan tumbuhan hijau jika terdapat kadar karbon dioksida dan sinar matahari yang melimpah.