Apa Itu Pasir dan dari Mana Asalnya Pasir yang Ada di Pantai? #AkuBacaAkuTahu

By Thea Arnaiz, Senin, 25 Juli 2022 | 18:30 WIB
Dari mana asalnya pasir yang ada di pantai, ketahui lewat penjelasan ini. (Foto oleh Olya Kobruseva/pexels)

Bobo.id - Daerah perbatasan antara daratan dan lautan disebut dengan pantai.

Sering kali, beberapa pantai dijadikan objek wisata yang menyenangkan, teman-teman bisa berjemur, berenang di perairan yang dangkal, menyelam, ataupun bermain pasir.

Setiap pantai pasti mempunyai pasir, dengan berbagai macam warna, ada yang berwarna hitam, cokelat, merah muda, maupun putih.

Namun, kita pasti bertanya-tanya, sebenarnya pasir pantai itu berasal dari mana, ya? Untuk mengetahuinya, lebih baik simak penjelasan berikut, yuk! 

Apa Itu Pasir? 

Pasir adalah hasil pelapukan mineral dari batuan beku (terbentuk dari magma yang membeku dan mengeras) dan metamorf (paduan batuan beku dan sedimen) sejak jutaan tahun yang lalu.

Pelapukan ini terjadi secara alami hingga terkikis terus menerus hingga halus. Selain ditemukan di pantai, pasir juga ditemukan di daerah gurun.

Menurut ilmu geologi, batuan yang lapuk disebut pasir jika ukurannya sekitar 0,0625 hingga 2 milimeter, kalau lebih besar dari itu dinamakan kerikil dan jika lebih kecil disebut tanah liat. 

Dari Mana Asal Pasir di Pantai? 

Baca Juga: Bukan Pasir Biasa, Ini Ussuri Bay di Rusia yang Punya 'Kaca' di Bibir Pantai

Pasir pantai berasal dari hasil pelapukan bebatuan mineral, terumbu karang, dan pecahan hewan bercangkang sejak jutaan tahun yang lalu.

Hasil pelapukan ini tidak hanya berasal dari laut, tetapi juga dari daratan, lo. Sebab, bebatuan, pasir, kerikil, dan lumpur yang ada di darat terbawa arus saat hujan.