1 Agustus Peringati Hari Kanker Paru-Paru Sedunia, Apa Penyebab Kanker Paru-Paru?

By Grace Eirin, Senin, 1 Agustus 2022 | 15:00 WIB
1 Agustus diperingati sebagai hari kanker paru-paru sedunia. (Anna Shvets/pexels)

Bobo.id - Hari ini, 1 Agustus 2022, masyarakat dunia memperingati hari kanker paru-paru sedunia.

Dilansir dari National Today, hari kanker paru-paru sedunia diperingati setiap tahunnya untuk meningkatkan kesadaran banyak orang tentang bahaya penyakit kanker paru-paru. 

WHO menguraikan apa itu kanker sebagai penyakit yang dapat menyerang bagian tubuh mana pun, dan sering disebut sebagai tumor ganas atau neoplasma. 

Ya, sel-sel tumor ganas menyerang jaringan normal di sekitarnya dan bisa menyebar ke bagian tubuh lain, disebut juga kanker. 

Penyakit kanker merupakan salah satu penyebab utama kematian di seluruh dunia. Kanker bisa terjadi pada organ-organ tubuh, termasuk paru-paru. 

Nah, untuk mengetahui betapa pentingnya mengetahui lebih dini tanda kanker paru-paru, mari simak penyebab kanker paru-paru dari penjelasan ini. 

Penyebab Kanker Paru-Paru

Dilansir dari Alodokter.com, kanker paru-paru merupakan penyebab pertama kematian akibat kanker pada pria dan penyebab kedua kematian akibat kanker pada perempuan.

Kanker paru-paru biasanya terjadi pada seseorang yang sering terpapar asap dari bahan-bahan kimia. 

Baca Juga: Awas Bisa Sebabkan Kanker Otak, Ini Jenis Ikan yang Tidak Boleh Dikonsumsi

Bahan kimia tersebut misalnya nikotin, tar, polusi udara dari asap kendaraan, dan asap pabrik.

Berdasarkan perkembangannya, kanker paru-paru dapat terbagi dalam dua jenis, yaitu kanker paru-paru non-small cell dan kanker paru-paru small cell