Bapak Pramuka Indonesia, Ini Sosok dan Peran Pentingnya

By Amirul Nisa, Selasa, 9 Agustus 2022 | 19:15 WIB
Mengena tanda kecakapan khusus pada pramuka. (freepik)

Bobo.id - Bapak Pramuka Indonesia tentu memiliki peran penting bagi kemajuan Gerakan Pramuka.

Teman-teman mungkin juga sudah tidak asing dengan kegiatan Pramuka, yang hampir di setiap sekolah selalu menjadi salah satu ekstrakurikuler.

Bahkan kegiatan Pramuka ini ada dalam setiap tingkatan pendidikan dari Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), hingga jenjang kuliah.

Materi kepramukaan ini diberikan tentu karena adanya banyak nilai kemandirian, hingga kerja sama yang penting untuk dipelajari.

Berkembangnya kegiatan Kepramukaan di Indonesia tentu berkat peran berbagai tokoh hingga salah satunya dinobatkan menjadi Bapak Pramuka Indonesia.

Bapak Pramuka Indonesia adalah gelar yang diberikan pada Sri Sultan Hamengkubuwono IX.

Lalu, sudahkah kenakan teman-teman dengan sosok Sri Sultan Hamengkubuwono IX?

Untuk mengenal lebih jauh, mari berkenalan dengan sosok Sri Sultan Hamengkubuwono IX dan berbagai peranannya pada Kepramukaan Indonesia.

Bapak Pramuka Indonesia Sri Sultan Hamengkubuwono IX

Baca Juga: Mengenal Isi Tri Satya Pramuka dan Dasa Dharma Pramuka Indonesia

Sri Sultan Hamengkubuwono IX mendapat gelar sebagai Bapak Pramuka Indonesia setelah berbagai jasa yang diberikan untuk perkembangan organisasi tersebut.

Beliau lahir dengan nama Gusti Raden Mas Dorodjatun yang merupakan anak kesembilan dari ayahnya yang bernama Gusti Pangeran Puruboyo dan ibu yang bernama Raden Ajeng Kustilah.