Soal dan Pembahasan Materi Menentukan dan Menggunakan Nilai Tempat Bilangan Cacah, Buku Kurikulum Merdeka Kelas 4 SD

By Sarah Nafisah, Senin, 15 Agustus 2022 | 09:10 WIB
Pembahasan soal (Bianca Marie Arreola via Canva.com)

Bobo.id - Pada Buku Kurikulum Merdeka mata pelajaran matematika kita akan mempelajari tentang "Bilangan Cacah sampai 10.000".

Salah satu materi yang akan dipelajari adalah tentang menentukan dan menggunakan nilai tempat bilangan cacah sampai 10.000.

Pada halaman 14 -16 kita akan diminta untuk menyelesaikan soal "Ayo Berlatih". Namun, sebelum itu pahami terlebih dahulu apa itu nilai tempat.

Nilai tempat bilangan adalah nilai dari suatu tempat bilangan tertentu. Biasanya nilai tempat bilangan dimulai dari sebelah kanan.

Dimulai dengan satuan, puluhan, ratusan, ribuan, puluh ribuan, dan seterusnya. Kenapa di mulai dari satuan? Karena satuan adalah nilai bilangan yang paling kecil, yaitu 0 - 9.

Nilai tempat puluhan adalah bilangan dari 10 - 99, ratusan adalah bilangan dari 100 - 999, dan ribuan adalah bilangan dari 1.000 - 9.999.

Kemudian puluh ribuan adalah bilangan dari 10.000 - 99.999.

Nah, sekarang kita coba mengerjakan soal "Ayo Berlatih" bersama-sama, ya. Kalau sudah selesai bisa cocokkan jawabanmu dengan kunci jawaban berikut ini.

1. Tuliskan bilangan yang terdiri atas 4 angka dan letakkan setiap angka sesuai nilai tempatnya.

Soal dan Pembahasan Materi Menentukan dan Menggunakan Nilai Tempat Bilangan Cacah sampai 10.000 (Buku Kurikulum Merdeka Kelas 4 SD)

 Jawab:

Baca Juga: Soal dan Pembahasan Materi Membaca dan Menulis Bilangan Cacah sampai 10.000, Buku Kurikulum Merdeka Kelas 4 SD